CARA MELAKUKAN RESET ULANG HANDPHONE ANDROID

Selama pemakaian alat-alat elektronik tersebut seperti pada pembahasan Saya yang sebelum-sebelumnya, maka seiring berjalannya waktu, barang yang bersifat elektronik tersebut juga akan menyusut dalam bentuk luar maupun bentuk dalamnya, pada beberapa sistem dari peralatan elektronik tersebut bisa saja diperbarui dan diperbaiki seperti baru lagi yang mana seperti pada saat baru keluar dari pabriknya. Jadi
dalam postingan ini kita akan membahas mengenai Cara Melakukan Reset Ulang Handphone Android. 

Yang mana semua sistem dan aplikasi yang ada pada HandPhone Android tersebut akan kembali ke bentuk semula, artinya akan kembali seperti handphne baru. Langkah-langkah ini biasa disebut dengan Recovery Mode Android.
Recovery Mode Android pada dasarnya adalah suatu menu pada handphone Android yang digunakan untuk memperbaiki sistem yang sudah rusak yang terdapat pada software Android. Didalam tipe-tipe Handphone Android itu, mengupgrade software dapat langsung memberbaiki sistem aplikasinya tanpa melakukannya dengan cara Recovery, tapi menggunakan pihak ketiga, misalnya dengan menggunakan ClockwordMod Recovery atau xRecovery.

Biasanya reset ulang tersebut bisa dilakukan hanya melalui menu Setting (Pengaturan) > Privacy (Pribadi) > Factory Data Reset (Reset Data Pabrik). Tapi jika handphone androidnya tetap tidak berfungsi dan tidak mau start dan tetap tidak mau masuk ke menu, maka Recovery Mode Android inilah yang harus dicoba, dengan cara melakukan factory reset.

Jika hal-hal berikut dibawah ini yang menimpa handphone android anda, maka Smartphone Android Anda akan sangat perlu dilakukan Recovery Mode, yaitu misalnya :
  • Jika handphone Android hanya bisa melakukan boot loop Android, yang artinya tidak dapat memulai dan hanya berhenti di logo saja, hal tersebut biasanya disebabkan oleh adanya aplikasi yang rusak dan error atau dikarenakan oleh baru saja mengunstall aplikasi yang tidak kompatibel dengan tipe handphone tersebut.
  • Jika Anda lupa PIN atau password yang dibuat untuk pengamanan handphone tesebut.
  • Dan jika Handphone Anda hanya dapat dihidupkan tapi tidak mau merespon seperti layarnya tidak bisa disentuh dan hanya diam saja disaat disentuh, tentu saja kondisi ini sangat menyebalkan sekali bukan?
  • Jika terlalu banyak aplikasi yang terinstall di handphone tersebut, dan aplikasi-aplikasi tersebut hanya membuat kapasitas handphone Anda penuh dalam penyimpanannya. Atau bisa juga disebabkan karena aplikasi yang ada pada handphone Android Anda itu sudah usang dan perlu diupgrade.
  • Atau kerusakan-kerusakan software maupun kerusakan aplikasi lainnya.
Karena itu perlu dilakukan Factory Reset, melalui Factory Mode Android. Tetapi yang harus diingat yaitu perhatikan baterai Handphone Anda sebelumnya, usahakan baterainya cukup (minimal sebanyak 70%) untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.
Untuk langkah-langkah melakukan reset (recovery mode) handphone Anda, yaitu sebagai berikut :

1. Langkah pertama yaitu dengan cara mematikan Handphone, Smartphone atau Tabletnya yang akan direset tersebut.Tekan dan tahan beberapa tombolnya pada saat yang bersamaan (seperti misalnya pada Samsung Galaxy Young S5360), tekan tombol volume Up + Home + Power secara bersamaan, maka pada tahap ini Anda akan masuk ke dalam recovery mode.
Lalu akan muncul di layar handphone Anda tersebut seperti pada gambar di bawah ini :


2. Pada langkah kedua in, setelah berhasil masuk ke recovery mode, Anda hanya memilih fitur "Wipe Data/Factory Reset" pada urutan ketiga dalam menu pilihannya tersebut dengan cara mengarahkannya itu dengan menggunakan tombol Volume Up jika akan memilih menu bagian atas, dan menggunakan tombol Volume Down untuk memilih menu bagian bawah, setelah itu lakukanlah restart dan reset Handphone Anda. Maka Handphone Anda akan melakukan restart dan aplikasinya sudah berubah seperti pada saat baru keluar dari pabriknya.

Itulah beberapa langkah dan Cara Melakukan Reset Ulang Handphone Android Anda. Dan semoga pembahasan kita ini bisa mengatasi masalah pada Handphone Android Anda. Dan semoga bermanfaat buat sobat-sobat sekalian.

4 komentar

Sudah pernah coba nihh :D

Bagus.. :D
semoga hasilnya memuaskan :D

yak, silahkan mencoba gan :D

Silahkan berkomentar dengan baik dan dengan bahasa yang mudah dimengerti serta mematuhi tata krama dalam berkalimat. Bagi teman-teman yang berkomenar dengan menyertakan link aktif, mohon maaf, komentarnya akan dihapus.
Demikianlah untuk dimaklumi. :)
EmoticonEmoticon