Kelebihan dan Kekurangan Radio

Radio merupakan sebuah alat elektronik yang berfungsi sebagai media pemberitaan yang disiarkan melalui suara, serta sebagai media untuk mengirim sinyal dengan melakukan modulasi yang digunakan suatu radiasi yang disumberkan dari gelombang elektromagnetik.
Radio memang sudah dikenal oleh banyak orang, apalagi radio tersebut sudah lama digunakan oleh sebagian kelompok masyarakat untuk mendengarkan berita-berita yang disiarkan hanya dengan bentuk
suara dan tidak bergambar, karena pada radio memang tidak dibuat sebuah layar untuk menonton, jadi hanya bisa didengarkan saja :). Pada postingan kali ini akan kita bahas sedikit mengenai Kelebihan dan Kekurangan Radio, karena pada setiap sesuatu tersebut jika ada kelebihan pasti ada pula kekurangannya.

Pada awalnya radio merupakan alat teknologi yang merupakan satu-satunya alat penyiaran yang digunakan oleh masyarakat, sebelum adanya alat-alat teknologi lanjutan yang digunakan oleh manusia, hal ini tidak lepas tujuannya yaitu untuk mendengarkan berita-berita, mendengarkan lagu, bisa menyampaikan salam kepada teman dan saudaranya yang cukup jauh, yaitu dengan cara menelpon penyiar radionya untuk menyampaikan salam tersebut, jikalau ada kalanya teman atau saudaranya yang sedang mendengarkan radio pada waktu yang bersamaan, tentu hal ini akan menjadi sesuatu yang menyenangkan bagi mereka. Tentu dalam hal ini kita sudah melihat dan merasakan kelebihan daripada radio.
Adapun radio ini mempunyai gelombang yang dapat menembus udara luar yang mana udara luar tersebut adalah ruang hampa udara sehingga pada gelombang radio tersebut tidak memerlukan molekul udara.

Baca juga: Macam-Macam Limbah Elektronik dan Manfaatnya
Radio menggunakan dengan skema audio amplifier, ini jelas maksudnya adalah skema suara, yang berfungsi sebagai alat untuk memperkuat sinyal sehingga akan terasa lebih jernih dan terdapat pula komponen dan transistor yang diperlukan pada waktu perangkaian radionya.Transistor tersebut digunakan untuk membuat dan membentuk sebuah receiver sederhana yang digunakan untuk menerima sinyal yang kemudian para rangkaian-rangkaian frequensinya tersebut juga memerlukan varco atau disebut juga dengan kapasitor. Anda bisa mencoba membuat rangkaian radio jenis ini.
Lihat juga: Komponen-Komponen Radio dan Fungsinya

Adapun pembahasan utama kita pada artikel ini Saya akan menjelaskan sedikit tentang kelebihan serta kekurangan dari radio, yang mana sebagian masyarakat sepertinya sudah melupakan alat elektronik ini karena pada saat sekarang alat-alat elektronik sudah banyak yang lebih canggih dari barang yang satu ini, akan tetapi kita tidak boleh melupakannya begitu saja karena sebelum munculnya alat-alat yang lebih canggih tersebut alat inilah yang sudah berjasa untuk mendengarkan kabar dan berita yang perlu didengarkan pada waktu itu. Misalnya pemberitaan pada saat Indonesia merdeka, radio-lah yang digunakan oleh tokoh-tokoh nasional untuk menyiarkan berita kemerdekaan tersebut kepada seluruh rakyat Indonesia melalui siaran RRI. Tentu hal ini sangat bermanfaat bagi masyarakat dalam mendapatkan informasi yang sangat penting seperti ini. Karena jika tidak ada radio, rakyat Indonesia akan menerima informasi dari mana untuk mengetahui bahwa Indonesia sudah merdeka? Nah, seperti saat itulah peran radio sangat berfungsi penting untuk mendapatkan informasi, karena akan sulit bagi pemerintah untuk memberikan informasi kemerdekaan tersebut satu persatu ke daerah-daerah yang ada di negara kita yang besar ini. Adapun pada penggunaan radio terdapat pula kelebihan dan kekurangannya, antara lain sebagai berikut di bawah ini:


  • Kelebihan Radio
Radio memiliki kelebihan yaitu sebagai media pemberitaan serta penyampaian informasi yang dilakukan secara langsung melalui suara, sama halnya siaran televisi yang disiarkan secara langsung, pada radio juga terdapat hal yang seperti ini, jadi kita juga tidak akan ketinggalan berita, seperti berita hangat, trending topic, yang disiarkan secara live. Dalam hal ini penggunaan radio tidak akan bisa dianggap biasa saja, akan tetapi juga termasuk penggunaan yang luar biasa, apalagi sebelum adanya alat yang lebih canggih tersebut ini merupakan media utama yang digunakan. Dan juga berita-berita dan informasi-informasi yang disajikan kepada publik melalui radio tersebut juga berproses yang mudah dan tidak sulit, yang terasa lebih simple dalam melakukan penyiarannya, berbeda dengan pemberitaan yang dilakukan melalui televisi, yang memerlukan persiapan banyak, seperti menyiapkan kamera, dan alat lainnya. Tentu para penyiar radio tersebut hanya menyiapkan sarana seadanya saja untuk menyampaikan informasinya,

Selain itu radio juga memiliki kelebihan lainnya yaitu antara penyiar dan pemirsanya terasa lebih dekat dan lebih akrab, hal ini tentu Anda pernah mendengarkan pemirsa lain yang sedang bertelepon ria sama penyiar radio, mungkin Anda juga pernah berkomunikasi sama penyiar radio yang sedang menyiarkan suatu siaran tersebut secara langsung. Jadi hal ini memiliki kelebihan tersendiri bagi radio, yang berbeda dengan sarana telekomunikasi dan sarana pemberitaan lainnya.

  • Kekurangan Radio
Jika memiliki kelebihan, tentu juga memiliki kekurangan, itulah realita kehidupan, hal ini juga terdapat pada radio. Adapun kekurangan radio yaitu kita hanya dapat mengingat siaran pada rado tersebut hanya pada saat sebentar saja serta informasi yang disajikan tersebut bersifat global yang terkadang tidak disiarkan secara mendetail serta tidak begitu rinci. Serta kekurangan lainnya kita hanya mendengarkan dalam bentuk suara saja dan tidak bisa melihat bentuk pemberitaan tersebut dalam bentuk gambar. Hal ini wajar, pada radio hanya ada penyiaran audio atau suara saja yang tidak ada video klipnya, kalau menggunakan video klip, itu namanya bukan radio. Hahahahaha.

Demikianlah sedikit ulasan kita tentang Kelebihan dan Kekurangan Radio, yang mana penggunaan radio tersebut adalah sarana informasi yang bisa menghibur para pemirsanya, misalnya pemirsa tersebut bisa mendengarkan radio pada saat sendiri, sambil tiduran, pada saat santai, dan lain sebagainya. Semoga penjelasan di atas akan memberikan manfaat bagi kita semua.

7 komentar

walaupun ada kekurangannya , tetap aja radio banyak digunakan dan banyak pula manfaatnya (Y)

Silahkan berkomentar dengan baik dan dengan bahasa yang mudah dimengerti serta mematuhi tata krama dalam berkalimat. Bagi teman-teman yang berkomenar dengan menyertakan link aktif, mohon maaf, komentarnya akan dihapus.
Demikianlah untuk dimaklumi. :)
EmoticonEmoticon