Alat-Alat Elektronik Musik

Seperti pada postingan Saya sebelumnya, alat-alat elektronik itu terdapat banyak ragam dan manfaatnya, baik dari segi kehidupan pribadi, maupun dari segi kehidupan manusia pada umumnya. Hal tersebut terdapat pada pembahasan tentang peralatan elektronik kesehatan, yang mana pemahamannya adalah alat elektronik itu banyak terdapat pada beberapa bidang, bagi dari segi manfaatnya, maupun dari faktor kecanggihannya.
Pada pembahasan kali ini, kita akan mencoba membahas pengetahuan kita lebih jauh mengenai alat-alat elektronik ini, seperti pembahasan berikut ini yang akan menjelaskan tentang alat-alat elektronik yang bermanfaat bagi dunia musik ataupun
bermanfaat bagi para pecinta musik.


Pada umumnya, alat musik adalah suatu instrumen yang dimodifikasi atau instrumen yang dibuat dengan tujuan untuk mendapatkan suara yang berirama, yang dipakai atau digunakan dengan cara-cara terentu yang bisa diatur oleh para musisi.
Istilah tersebut ialah ditujukan bagi sebuah alat yang disebut dengan alat musik, ada beberapa alat-alat elektronik musik yang akan kita bahas berikut ini.

- Theremin


Theremin ditemukan dan dipatenkan pada tahun 1928 oleh seorang ahli ilmu fisika yang bernama Lev Termen yang berasal dari Rusia, yang memang alat ini juga berasal dari Rusia tentunya. Dan cara kerja Theremin ini adalah yaitu dengan cara melalui frekuensi radio yang dipakai juga dengan antena dan kapasitor variabel yang menghasilkan frekuensi tersebut.
Dan untuk memainkan alat ini hanya dengan melambaikan tangan ke atas Theremin ini, jadi tidak perlu melakukan kontak fisik secara langsung dengan alat ini.

- Korg Kaossilator


Korg Kaossilator ini adalah alat musik yang mampu menghasilkan macam-macam suara, juga dapat menghasilkan loop terus menerus. 
Alat ini banyak digunakan oleh para Disc-Jokey (DJ).
Alat ini juga tergolong berukuran kecil dari alat musik lainnya, yang mana alat ini merupakan sebuah alat yang unik.

- Laser Harp

 Laser Harp ialah alat elektronik musik yang mengubah bentuk sinar laser tersebut menjadi suara atau musik, yang mana Laser Harp ini mirip mirip dengan gitar tetapi dawainya terbuat dari laser. Dan cara memainkannya hampir sama dengan memainkan keyboard, kita hanya menyentuh sinar hijau yang menyala tersebut, maka akan terjadi suara musik dan irama-iramanya.

- Tenori On


Alat elektronik musik lainnya adalah Tenori On, alat ini berbentuk seperti papan, yang terdapat tombol yang memenuhi seluruh bidang. Tenori On bukan alat musik biasa, yang mana alat musik buatan yamaha itu menggunakan perangkat gabungan synthetizer dan sequencer. Dua perangkat itu merupakan perangkat wajib untuk menghasilkan musik elektronik.
Tenori On ini terdapat 16 tombol, dengan total 256 tombol LED yang tersebar di seluruh permukaan perangkat, masing-masing tombol menghasilkan pula beragam irama dan suara.

- Eigenharp

Eigenharp yaitu alat elektronik musik yang berasal dari Inggris, yang mulai diperkenalkan kepada khalayak umum pada tahun 2009 oleh John Lambert. Di sini terdapat 120 tombol yang sensitif terhadap tekanan yang dimainkan oleh pemainnya, dan cara memainkannya mirip dengan memainkan gitar tetapi menghasilkan bermacam-macam suara, dan bahkan Eigenharp bisa dimainkan dengan cara ditiup. 
Pada eigenharp ini juga terdapat 3 input, yaitu keyboard, midi tap dan alat tiup. 
- Reactable

Reactable ini berbentuk seperti meja, yaitu merupakan alat musik elektronik dengan cara disentuh, hal yang menarik dengan alat musik ini adalah menghasilkan suara dari sentuhan-sentuhan di atas papan biru yang menyala tersebut. Cara memainkannya ialah dengan cara meletakkan blog-blog persegi, segi lima dan lingkaran yang ada di atasnya.
Yang pada awalnya Reactable dikembangkan oleh Music Technology Group di Universitas Pompeu Fabra yang terletak di Barcelona, Spanyol.

Demikianlah beberapa penjelasan kita tentang Alat-Alat Elektronik Musik.
Pada zaman yang serba digital disaat ini, semuanya serba digital, baik dari segi alat musik, maupun hal-hal lainnya yang berhubungan dengan elektronik, segalanya memiliki cara tersendiri, bahkan akan sangat mempermudah cara penggunaannya, termasuk alat elektronik musik sendiri.
Semoga bermanfaat buat teman-teman sekalian.

5 komentar

kalo gak salah lazer harp ini yang sering ada di diskotik itu ya?

Ane baru tau alat alat kaya gitu gan hehe :D

kita sama2 belajar gan..
semakin banyak membaca, semakin banyak yg kita tahu..
hehe
thanks kunjungannya gan..

Silahkan berkomentar dengan baik dan dengan bahasa yang mudah dimengerti serta mematuhi tata krama dalam berkalimat. Bagi teman-teman yang berkomenar dengan menyertakan link aktif, mohon maaf, komentarnya akan dihapus.
Demikianlah untuk dimaklumi. :)
EmoticonEmoticon