Macam-macam Alat Elektronik Dari Barang Bekas



Dengan memiliki sejumlah barang elektronik, lama-kelamaan barang-barang tersebut akan mengalami kerusakan, apalagi jika komponen-komponennya yang telah lama atau usang. Akan tetapi dengan kerusakan-kerusakan tersebut bisa kita manfaatkan agar tidak terbuang percuma, melalui sebuah artikel yang berjudul Macam-macam Alat Elektronik Dari Barang Bekas ini semoga bermanfaat dan membantu dalam pemanfaatan barang-barang rusak tersebut. :) Mungkin anda merupakan tipikal orang yang suka mengumpulkan barang bekas, atau banyak barang bekas yang menumpuk di rumah anda. Maka daripada
anda jual kepada tukang rongsokan dengan harga yang begitu murah, ternyata anda bisa memanfaat barang-barang bekas tersebut menjadi produk yang berguna dan memiliki nilai jual yang sedikit bisa lebih berharga.

Selain dijadikan sebagai bahan kriya (kerajinan tangan), barang bekas ternyata juga bisa dijadikan sebagai komponen elektronik ataupun alat elektronik itu sendiri. Bahkan saat ini barang bekas sudah bisa dijadikan sebagai alat canggih seperti Komputer, Repeater, bahkan ada yang bisa dijadikan Modem. Namun jelas kualitasnya kalah dengan barang pabrikan dan bisa saja rentan terhadap kerusakan. Tetapi kalau di rumah kita banyak dengan barang bekas yang menumpuk? Kenapa tidak
Dalam membuat komponen elektronik dari barang bekas sebenarnya tidaklah terlalu sulit, hanya pengetahuan terhadap elektronik, kreatifitas, dan kesabaranlah yang dibutuhkan. Namun juga tidak semudah seperti membuat kerajinan tangan. Kini alat elektronik dari barang bekas tengah laris-larisnya dan tengah dicari semua orang, terutama adalah alat-alat seperti Komputer, Monitor, atau alat peripheral seperti Speaker dan lain-lain. Dalam hal ini ada baiknya Anda juga memanfaatkan Alat-alat yang sudah tidak terpakai tersebut untuk dimanfaatkan, alat-alat elektronik bekas tersebut banyak juga macamnya, seperti pada pembahasan Saya yang lainnya, bisa Anda simak apa saja barang elektronik bekas tersebut? Anda bisa melihatnya di sini : Macam-Macam Limbah Elektronik dan Manfaatnya.

Adapun dalam membuat barang-barang dari barang bekas, ada kalanya lebih baik kita tidak perlu memikirkan berapa harga jual dari alat tersebut, namun lebih baik kita memikirkan untuk mengasah kemampuan kita dan mengasah kreatifitas kita. Selain itu juga akan berguna untuk melatih kesabaran kita.
Sebelum mengetahui bagaimana cara membuatnya, ada baiknya kita mengetahui komponen-komponen eelektronik apa saja sih yang bisa dibuat dari barang rongsokan atau barang bekas. Langsung saja simak atikel di bawah ini untuk mengetahui hal tersebut.

Adapun Alat-alat elektronik dari barang bekas itu adalah sebagai berikut:

1. Speaker aktif


Untuk membuat speaker aktif sebenarnya tidaklah sulit, anda cukup mempunyai bahan-bahan sederhana seperti Speaker bekas dari Televisi, dari HP, dari laptop, ataupun dari Speaker yang sudah rusak itu sendiri. Lalu siapkan bahan-bahan lainnya seperti Box Speaker, kalian bisa mengambil dari botol oli, botol minuman yang berasal dari bahan besi, atau botol-botol lainnya yang berasal dari besi. Lalu bahan-bahan lainnya yaitu alat-alat untuk merakit seperti solder, dll, lalu alat peripheral seperti trafo dan kabel USB. Terus buatlah sekreatif mungkin.


2. Kipas Angin


Untuk membuat kipas angin bekas mungkin anda telah mengetahui bagaimana caranya karena Kipas Angin sederhana tengah popular-populernya saat ini. Bahannya juga cukup sederhana, yaitu pipa bekas, kaset CD/DVD bekas, kabel yang masih aktif, tutup botol, gir, dan dynamo. Untuk dynamo dan gir anda bisa mengambil dari mainan anak-anak seperti dari Tamiya, mobil mainan, motor mainan, ataupun pesawat mainin. Anda juga dapat mengambil dinamonya dari sana. 

3. Monitor

Untuk monitor komputer dari bahan barang bekas, anda bisa mengambilnya dari monitor tv bekas. Atau jika anda tidak punya tv bekas, anda bisa merakin bahan-bahannya yaitu 2 buah paralon pvc joint, fan, extend kabel power, dan alat-alat untuk merakit seperti obeng, baut, ring, dan solder listrik. Meskipun sediki agak susah dan membutuhkan keahlian khusus, namun dengan bermodalkan usaha, pemahaman terhadap elektronik, dan kreatifitas anda saja maka anda dipastikan akan berhasil dalam membuat monitor dari barang bekas.

4. Fan Eksternal




Untuk membuat Fan atau Kipas yang diperlukan untuk mendinginkan komputer atau laptop terutama di bagian motherboard, anda bisa menggunakan Fan eksternal ini. Fan eksternal tidak diproduksi secara pabrikan dan harus membuat sendiri dari barang bekas untuk membuatnya. Bahannya cukup gampang ditemukan, yaitu hanya sebuah Fan / kipas power supply bekas yang sudah rusak pun bisa digunakan untuk membuat Fan eksternal. Lalu anda cukup menyiapkan alat-alat yang lainnya seperti power supply charge laptop yang sudah rusak, ataupun booster juga bisa. Dan pastinya alat-alat untuk merakit komponen elektronik.
 
5. Repeater Modem


Repeater atupun penguat sinyal untuk Modem ternyata bisa dibuat dengan bahan-bahan sederhana. Lagi-lagi kaset CD/DVD yang akan menjadi bahannya kali ini. Caranya cukup sederhana, hanya dengan pantulan sinar dari matahari kepada kaset CD/DVD tersebut yang kalian hubungkan oleh kabel USB kepada perangkat modem anda maka sinyal modem anda dipastikan akan lebih kuat. Jika anda tidak mempunyai kabel USB, anda bisa langsung saja meletakkan modem anda diatas kaset CD anda yang anda posisikan secara bersampingan. Jangan lupa optic CD harus berada di atas. Namun harus diingat bahwa caara ini tidak 100% bisa digunakan. Karena tergantung dari lokasi anda masing-masing.


6. Lampu Gantung

Untuk lampu gantung, yang anda butuhkan hanyalah botol yang sudah tidak terpakai baik itu botol minuman ataupun yang lainnya. Dan juga lampu neon atau lampu lilin yang kalian letakkan didalam botol tersebut. Ingat bahwa boto tersebut harus sudah dirakit dan dihubungkan dengan listrik. Untuk cara slengkapnya silahkan cari di google (gugel).

Demikian artikel kami tentang macam-macam alat elektronik yang bisa dibuat dari bahan bekas. Semoga dengan membaca artikel ini anda sedikit lebih tahu dan silahkan mencobanya.


8 komentar

Nice info gan. cuma buat saran template nya di perindah lagi. post nya juga.

oke siipp gan..
terimakasih atas kunjungan N sarannya :)

gw suka bgt nyimpan barang bekas, entalah itu hobi yg baik atau buruk :3

kalau bisa d manfaatkan, itu bsa menjadi sesuatu yg baik gan :)

yah keren tapi sederhana dan simpel gan :D

Silahkan berkomentar dengan baik dan dengan bahasa yang mudah dimengerti serta mematuhi tata krama dalam berkalimat. Bagi teman-teman yang berkomenar dengan menyertakan link aktif, mohon maaf, komentarnya akan dihapus.
Demikianlah untuk dimaklumi. :)
EmoticonEmoticon