Komponen-komponen yang Terdapat Pada Handphone dan Fungsinya

Handphone merupakan alat komunikasi yang telah banyak digunakan oleh kalangan masyarakat di seluruh dunia. Dan Handphone memiliki ukuran kecil sehingga mudah dibawa ke mana-mana. Hingga saat ini teknologi yang digunakan pada handphone meningkat dan handphone bukan hanya digunakan sebagai alat  komunikasi saja, akan tetapi juga berguna sebagai sarana hiburan dan manajemen personal sang pengguna ponsel tersebut. Terlepas dari fitur dan teknologi handphone yang bermacam-macam, pada pembahasan di bawah ini
kita akan menjelaskan secara singkat Komponen-komponen yang Terdapat Pada Handphone dan Fungsinya



Terlepas dari uraian singkat di atas, handphone juga memiliki fitur yang canggih, yang mana seiring dengan perkembangan handphone itu sendiri, komponen tersebut juga memiliki fungsi tersendiri dalam pengoperasiannya.

Baca Juga : Cara Mengatasi Kartu Memori Rusak atau Tidak Terbaca

Adapun komponen-komponen handphone dan fungsinya yang terdapat pada handphone tersebut antara lain sebagai berikut:

  •  Rangkaian Receiver(Rx)

Rangkaian Receiver (Rx) berfungsi untuk menyaring dan menerima sinyal. Sinyal yang diterima oleh ponsel tersebut berasal dari BTS. Dalam rangkaian itu terdapat Frequency Synthesizer, RX-VCO, serta Intermediate Frequency(IF) Module.

  • Rangkaian Transmisi(Tx)
Rangkaian Transmisi (Tx) adalah suatu rangkaian yang berfungsi sebagai alat untuk mentransmisikan atau mengirimkan sinyal radio ke operator. Padaa rangkaian ini terdapat TX Filter, RF power amp, ANT switch, dan lain sebagainya.




  • IC Power Amplifier
IC Power Amplifier Berfungsi untuk menguatkan sinyal dan pengirim data ke operator, hal tersebut menandakan bahwa nomor ringtone handphone tersebut telah aktif. Dan berfungsi juga sebagai power transmit, yaitu untuk mengirimkan energi gelombang elektromagnetik ke operator, sekaligus untuk mengunci agar tetap tersambung. IC ini bekerja pada saat handphone dihidupkan dan saat Anda melakukan panggilan. Jika untuk menguatkan sinyal, IC ini membutuhkan daya yang besar.


  • IC power supply
IC power supply berfungsi untuk menyediakan atau menyiapkan daya yang terdapat pada seluruh komponen handphone, yang mana daya tersebut sesuai dengan kebutuhan komponennya masing-masing. IC ini juga memiliki fitur automatic charging, dan untuk memutuskan aliran listrik ke baterai disaat baterai sudah penuh jika dicharge. Kebutuhan daya pada masing-masing bagian diatur menggunakan sinyal, namanya sinyal PWM.

  • Antena
Antena ini berfungsi untuk menangkap gelombang radio yang dipancarkan oleh operator, tanpa antena, handphone tidak dapat menerima sinyal ataupun gelombang radio.

  • IF IC(RF Processor)
IF IC(RF Processor) Merupakan sebuah komponen untuk pengolah sinyal yang masuk atau keluar, dan sebagai alat untuk memperkuat sinyal pada selisih frekuensinya. Fungsi lain dari IF IC yaitu sebagai mikser dan detektor. Dikatakan dengan istilah mikser, IF IC ini berfungsi untuk mencampurkan sinyal operator dengan sinyal ponsel Anda. Dan dikatakan Sebagai detektor, IF IC tersebut adalah sebagai alat untuk memangkas sinyal pembawa, dan sinyal audio yang kemudian dialirkan ke IC audio, sehingga sampai di sini terjadi selisih. Selisih tersebut diperkuat oleh IF IC yang berperan sebagai detektor untuk memangkas sinyal pembawa dan sinyal audio, dan kemudian sinyal tersebut dialirkan ke IC audio. Ponsel tidak akan dapat menerima sinyal jika komponen ini rusak.

  • IC audio
IC audio Berfungsi sebagai alat untuk memperbesar gelombang suara dan mengubah getaran dari gelombang suara digital ke analog ataupun sebaliknya. Dan IC audio berfungsi sebagai Pulse Code Modulation(PCM). Suara akan menjadi kecil atau bahkan tidak terdengan sama sekali jika IC audio ponsel tersebut mengalami kerusakan.

  • Switch antena(duplexer)
Yaitu berfungsi sebagai alat untuk mengirim dan menerima gelombang elektromagnetik. Dengan teknologi full duplexer berupa switch antena pada handphone, kita dapat melakukan komunikasi dua arah. Duplexer merupakan penyesuai antara antena dan RF/PA.

Jika pada pembahasan di atas merupakan suatu rangkaian utama, dan di bawah ini adalah komponen processor yang terdapat pada handphone/ponsel, adapun komponen processor tersebut antara lain sebagai berikut:

  • Random Access Memory(RAM)
RAM Merupakan IC memory yang digunakan oleh CPU yang berfungsi untuk menyimpan instruksi dan data pada saat Anda mengoperasikan handphone. RAM ini bersifat volatile yaitu jika aliran listriknya putus maka datanya akan hilang. Jadi dia tidak menyimpan proses atau aktivitas yang telah dilakukan oleh handphone tersebut.

  • Central Processing Unit (CPU)
CPU Merupakan suatu pusat pengolahan data yang berguna untuk menginstruksikan proses penyimpanan data ke memory handphone. Tugas CPU adalah untuk mengendalikan semua perangkat yang ada, dan memerintahkan perangkat spesifik untuk bekerja berdasarkan sesuai dengan instruksi yang terdapat atau tersimpan dalam memori atau via input user.

  • EEPROM (Electrically Erasable Programmable Read Only Memory)
Yaitu Merupakan IC memori yang berisi data sistem operasi handphone, seperti misalnya pada program ponsel yang berisi suatu gambar grafik, logo, dan nada dering.

  • Digital Signal Processor
Ini merupakan IC yang memang dirancang khusus untuk mengolah sinyal digital ke analog maupun dari sinyal analog ke digital.

  • Multimode Adaptor (MMA) atau User Interface(UI)
Yang mana komponen ini merupakan sebuah IC yang berfungsi untuk mengatur komponen lain untuk berhubungan dengan output hp seperti buzzer/ringer, lampu, dan vibra (getar).

  • Flash ROM
Flash ROM Merupakan IC memori yang berisi data serta dapat diisi ulang dengan bantuan program komputer seperti ROM dan EEPROM. Data ini tetap ada walaupun handphone dalam keadaan mati.
  
  • 26 MHz Crystal Oscillator (Frequency Shynthesizer)
Komponen ini Merupakan IC pembangkit sinyal frekuensi pada handphone agar handphone tersebut dapat menerima serta mentransmisikan data.

Nah, itulah tadi pembahasan dan penjelasan sedikit mengenai Komponen-komponen yang Terdapat Pada Handphone dan Fungsinya, semoga memberikan manfaat bagi rekan-rekan sekalian, walaupun informasinya tergolong sedikit, semoga memberikan wawasan dan ilmu yang banyak :)
Terimakasih telah membaca artikel di atas.

1 komentar:

Silahkan berkomentar dengan baik dan dengan bahasa yang mudah dimengerti serta mematuhi tata krama dalam berkalimat. Bagi teman-teman yang berkomenar dengan menyertakan link aktif, mohon maaf, komentarnya akan dihapus.
Demikianlah untuk dimaklumi. :)
EmoticonEmoticon