Komponen-Komponen Radio dan Fungsinya


Radio sudah dikenal secara umum, terutama dikalangan masyarakat secara luas. Dahulu sebelum ada televisi, radio adalah satu-satunya alat elektronik yang digunakan untuk memperoleh informasi, baik yang berupa berita, hiburan, dan banyak hal yang lainnya. Adapun radio berbentuk dengan berbagai macam. Ukuran radio pada waktu dahulu berukuran lebih besar bila dibandingkan dengan ukuran radio sekarang. Tapi seiring dengan perkembangan teknologi, dimensi radio baik itu AM atau FM sudah menjadi semakin compact dan rangkap. Meskipun sudah mengalami berbagai perubahan, namun komponen elektronika yang digunakan pada sebuah radio tidak banyak mengalami perubahan. Nah, pada artikel ini Saya akan membagikan sedikit ulasan mengenai komponen komponen radio dan fungsinya.
Lihat Juga: Kelebihan dan Kekurangan Radio


Jadi berikut ini adalah beberapa komponen-komponen radio dan fungsinya yang perlu diketahui oleh kita bersama, adapun dalam masing-masing bagian radio tersebut, terdapat pula beberapa macam komponen elektronika sebagai alat pelengkap dan penyusunnya. terkait komponen yang ada pada dalam bagian radio lengkap beserta dengan fungsinya. Langsung saja kita simak ulasannya, di bawah ini ada beberapa informasi komponen-komponen radio tersebut.

  • Oscilator dan mixer
    Pada bagian oscilator dan mixer ini ada terdapat beberapa komponen elektronika sebagai alat penyusun seperti spoel oscilator, transistor, dan juga resistor.
    Adapun Transistor berfungsi sebagai alat penyambung dan pemutus (switching), menstabilisasi tegangan, dan juga untuk memodulasi sinyal.
    Dan Resistor berfungsi untuk menahan arus listrik.
  • Tuning atau lingkaran penala
    Pada bagian tuning atau lingkaran penala ini terdapat beberapa alat komponen penyusun, seperti spoel antena atau batang ferit, kondensetor keramik, farco, dan antena batang. Adapun fungsi-fungsi dari komponen yang terdapat pada bagian tuning atau alat komponen penyusunnya tersebut antara lain adalah:
    Spoel antena berfungsi sebagai alat untuk menangkap gelombang elektomagnetik.
    Kondensator keramik berfungsi sebagai alat penyaring arus/tegangan dan penyaring frekuensi radio.
    Farco atau kondensator variabel adapalh berfungsi untuk memilih gelombang frekuensi tertentu yang akan ditangkap oleh radio.
    Adapun Antena batang berfungsi untuk menangkap gelombang elektromagnetik yang ada di udara.
  • Penguat frekuensi menengah (MF/IF)
    Pada bagian penguat frekuensi menengah (MF/IF) ini terdapat juga komponen elektronika sebagai alat penyusun yang berupa kondensator elektrolit atau elco.
    Adapun Elco berungsi untuk menyimpan energi dalam medan listrik dengan cara mengumpulkan internal muatan listrik yang tidak seimbang.
  • Detector
    Dibagian detector, terdapat beberapa komponen penyusun, seperti dioda detector dan potensiometer.
    Dioda detector berfungsi untuk memberikan arus listrik yang searah.
    Potensiometer berfungsi sebagai sebuah resistor variabel atau rheostat dalam urusan untuk pembagian tegangan.
  • Penguat suara (AF)
    Getaran suara yang dihasilkan oleh komponen potensiometer, yaitu Vi keadaannya masih begitu lemah. Oleh seab itu harus diperkuat dengan menggunakan penguat suara (AF). Dalam penguat suara tersebut, komponen yang bertugas adalah transistor.
    Adapun transistor berfungsi sebagai alat penguat getaran suara.
  • Penguat akhir
    Dalam bagian-bagian penguat akhir (AF) ini terdapat komponen elektronika sebagai alat penyusun yang berupa transformator (trafo IT dan OT). Adapun transformator tersebut terdiri dari dua macam, yaitu transformator step up dan transformator step down.
    Adapun fungsi Transformator step up adalah untuk menaikkan tegangan.
    Sedangkan Transformator step down berfungsi untuk menurunkan tegangan.

Nah demikianlah beberapa macam komponen-komponen radio yang dijelaskan dengan fungsinya, mudah-mudahan memberikan manfaat bagi rekan-rekan pembaca sekalian, dan semoga dengan informasi tadi akan menambah wawasan kita.

9 komentar

Manfaat banget,
Thanks dh bgi ilmunya..

Manfaat,karna ane kaga tau,sekarang jadi tau.😁 😀

Artikel mengenai flipflop ada gan?

siipp gan..
btw thanx atas kunjungannya..
semoga bermanfaat.

Informasi yang sangat bagus dan berguna. Ditunggu untuk informasi berikutnya. Thanks gan

Silahkan berkunjung di intanqq

ok, jika ada yg salah mohon untuk dikoreksi gan. thanx atas kunjungan nya :)

Silahkan berkomentar dengan baik dan dengan bahasa yang mudah dimengerti serta mematuhi tata krama dalam berkalimat. Bagi teman-teman yang berkomenar dengan menyertakan link aktif, mohon maaf, komentarnya akan dihapus.
Demikianlah untuk dimaklumi. :)
EmoticonEmoticon