Macam-Macam Limbah Elektronik dan Manfaatnya

Di dalam setiap penggunaan dan pemakaian barang-barang elektronik, seiring dengan berjalannya wakru, maka barang-barang elektronik tersebut akan mengalami kerusakan, jadi karena telah tidak merasa digunakan lagi, kebanyakan orang akan membuang barang-barang elektronik yang telah rusak tersebut.
Tapi disisi lain, alat-alat elektronik atau barang-barang elektronik yang mengalami kerusakan tersebut ada manfaatnya didalam kehidupan manusia, tetapi disisi lain, ada juga puing-puing dari barang elektronik tersebut ada yang membahayakan lingkungan kita. Misalnya limbah elektronik yang biasa terdapat pada beberapa komponen dari elektronik itu sendiri. Dimana komponen elektronik tersebut mengandung banyak racun yang bisa mengakibatkan kerusakan fatal bagi lingkungan kita dan bisa berakibat fatal juga bagi diri kita sendiri.


Definisi Limbah Elektronik
Limbah elektronik yaitu barang elektronik yang sudah tidak bisa dipakai lagi baik dalam keadaan rusak berat ataupun dalam keadaan rusak ringan/sedang. Mengenai limbah elektronik, pada saat ini sudah menjadi perhatian luas sedunia, dari tahun ke tahun limbah elektronik yang sudah tidak bisa dipakai lagi menjadi tumpukan-tumpukan banyak, hal ini mengalami peningkatan jumlahnya yang tidak sedikit pada lingkungan umum, baik di dalam gudang maupun di tempat-tempat terbuka lainnya. Pada beberapa negara membuang limbah elektronik tidak diperbolehkan lagi, atau sudah dilarang membuang limbah elektronik di tempat-tempat terbuka, sebagai cara alternatifnya harus dikelola dan
dimanfaatkan dari limbah elektronik tersebut. Untuk di Indonesia sendiri perhatian mengenai limbah elektronik masih sangat kurang, sehingga akan lebih baik jika kita manfaatkan barang-barang elektronik yang sudah tidak bisa dipakai tersebut. Dan di aktikel ini Saya akan membahas mengenai Macam-Macam Limbah Elektronik dan Manfaatnya.

Macam-Macam Limbah Elektronik
- Televisi dan monitor komputer
- Kamera video
- VCD/DVD player
- Mesin foto kopi
- Speaker
- Mesin telepon dan telepon seluler
- Hardisk komputer atau CPU
Dan masih banyak lagi jenis-jenis limbah elektronik lainnya yang sudah berbagai macam serta jenisnya.

Cara Memanfaatkan Limbah Elektronik
Limbah elektronik akan lebih baik jika dimanfaatkan kembali, hal ini akan membantu kita dalam kehidupan sehari-hari, dan peralatan elektronik yang sudah rusak dan tidak bisa dipakai lagi, dipergunakan dengan sebaik-baiknya agar mendatangkan manfaatnya bagi kita. Jika ada limbah elektronik tersebut terdapat unsur logam, maka dari unsur logam itu bisa dijual dengan harga yang cukup bernilai, tentu hal ini akan bermanfaat bagi kita. Tetapi dalam sisi lain, bisa didaur ulang dan dibuat dalam bentuk produk baru dengan pemanfaatan yang cukup memadai. Hal tersebut akan menjadi peluang bisnis yang bermanfaat, ataupun bisa dipergunakan sendiri oleh kita. Karena dalam kehidupan sehari-hari, barang tersebut akan tetap bisa dipakai dengan berbagai keperluan. Apalagi jumlah pengguna barang ini semakin hari semakin bertambah, jadi sampah elektronik ini tidak terlepas dari keperluan manusia. Karena akan sangat disayangkan jika limbah elektronik tersebut dibuang dan dibakar begitu saja, maka proses daur ulang dan pemanfaatannya adalah cara yang paling baik.

Adapun manfaat dari limbah elektronik tersebut akan terdapat pada paragraf-paragraf di bawah ini :

Jika Anda memiliki atau menemukan limbah elektronik dari komponen komputer, ada beberap jenis dari komponen komputer tersebut yang sering mengalami kerusakan, misalnya mouse, alat komputer yang bernama mouse ini akan sangat disayangkan jika dibuang, tetapi lebih baik digunakan manfaatnya. Jika dalam bentuk mouse tersebut terdapat bentuk yang unik, maka pada alat tersebut bisa dibentuk seperti pesawat-pesawatan, contoh salah satunya terdapat pada gambar berikut:


Nah, akan sangat berguna jika Anda bisa menekuninya dan bisa memberikan nilai produktif tersendiri bagi Anda dan orang-orang di sekitar Anda, jika produk buatan Anda tersebut diminati oleh orang-orang di sekitar Anda, Anda akan memiliki pelanggan dan konsumen yang banyak. Pesawat-pesawatan tersebut bisa dibuat untuk koleksi dan mainan anak-anak. Tergantung dari minat Anda sendiri. :)

Adapun komponen-komponen lainnya bisa dibentuk menjadi peralatan rumah tangga, seperti gambar di bawah ini merupakan komponen elektronik yang telah didesaign oleh desainer asal South Carolina, hal ini menunjukkan jika limbah elektronik tersebut memiliki manfaat yang begitu bernilai, mulai dari limbah calculator, printer bekas, telepon, dan limbah dari komponen komputer lainnya yang telah dirakitnya kembali menjadi berbagai bentuk furnitur.


Jika Anda memiliki bakat desaigner, dan bakat seni yang tinggi, akan lebih baik jika disalurkan dalam bidang ini, hal ini akan mengembangkan bakat Anda untuk turun dalam bisnis ini, tentu akan menjadi nilai seni dan nilai jual yang tinggi. Langkah ini bisa dicontoh untuk kegiatan wirausaha baru dalam bidang pemanfaatan limbah elektronik. Hal tersebut dapat digunakan oleh para kolektor dan bisa dipajang di lemari, meja kantor, di etalase toko, dan banyak lagi tempat pemajang lainnya. Dan bisa juga dipamerkan di stand-stand jika ada acara pameran di tempat-tempat tertentu. Jadi akan menarik perhatian masyarakat agar tidak membuang limbah elektronik tersebut jika masih ada manfaatnya, dan juga memberikan karya seni tersendiri jika Anda mengelolanya dalam berbagai bentuk lainnya yang sesuai dengan bakat dan minat Anda seperti mengelolanya dalam bentuk hiasan-hiasan tertentu lainnya yang menarik perhatian orang lain.

Demikianlah pembahasan kita mengenai Macam-Macam Limbah Elektronik dan Manfaatnya, semoga memberikan manfaat bagi kita maupun bermanfaat bagi masyarakat secara luas.

16 komentar

wahh hobi saya tu gan, buat robot dari mouse, hehe sangat bermanfaat.

hehe..
ya gan, sangat cocok utk agan yg hobi memanfaatkan barang rusak utk d jadikan sesuatu yg bermanfaat. :)
terimakasih atas kunjungannya gan..

keren keren pengolahan limbah bahan elektroniknya

sayangnya didaerah ane jaranga da limbah elektronik

ya gan..
semua bisa dimanfaatkan utk sesuatu yg berguna :)

itu lebih bagus gan..
berarti barang elektroniknya pada bagus2 tuh :)

Mantap gan informasinya..
Thanks gan udah share...

Setuju saya gan limbah elektronik emang bahaya kalo hanya di buang tp kalo dimanfaatkan dapat menjadi sesuatu yang berguna

Kalo di daur ulang jadi keren yah :)

orang-orang jaman sekarang sih tahunya buang-buang aja, padahal jika kita bisa kreatif kita bisa membuat barang yang unik dan bermanfaat :D

yak sama2 gan..
terimakasih kembali gan atas kunjungannya..

bnar gan..
kalo d buang bisa membahayakan lingkungan kita..
thanks atas kunjungannya.

betul skali gan..
daripada mubazir, lebih baik d buat kreatifitasnya, siapa tahu bisa mendatangkan uang..
hehe
terimakasih atas kunjungannya gan..

Good Jadi Pengen Nyoba Gan ..

siipp gan..
selamat mencoba :)

Silahkan berkomentar dengan baik dan dengan bahasa yang mudah dimengerti serta mematuhi tata krama dalam berkalimat. Bagi teman-teman yang berkomenar dengan menyertakan link aktif, mohon maaf, komentarnya akan dihapus.
Demikianlah untuk dimaklumi. :)
EmoticonEmoticon