Komponen Penting yang Wajib Ada Pada Komputer

Pada era modern seperti disaat ini, komputer merupakan alat teknologi dan alat elektronik yang sangat penting dan bermanfaat, yaitu berperan sebagai alat untuk pengolahan data, penyimpanan dokumen, dan banyak lagi manfaat lainnya, maka pada saat produksi komputer, semua komponennya sudah disiapkan dan dirancang untuk memiliki fungsi yang begitu maksimal untuk digunakan oleh konsumen, hal ini sudah sewajarnya para produsen memaksimalkan kinerja produksi mereka untuk memberikan manfaat didalam pemakaian komputer tersebut oleh para konsumen yang membutuhkannya, banyak sekali kegunaan komputer itu sendiri oleh para penggunanya. Maka
dari bagian-bagian atau komponen komputer itu ada beberapa komponen yang sangat perlu terdapat pada komputer Anda. Jadi komputer bisa kita gunakan karena ada beberapa komponennya yang saling bekerja sama untuk bisa kita operasikan, dan pada pembahasan kali ini Saya akan menyajikan tentang Komponen Penting yang Wajib Ada Pada Komputer.

Pada alat yang terdapat pada komputer itu ada suatu alat yang bisa kita lihat secara real dan bisa dilihat dan diraba maupun dipegang, yaitu namanya perangkat keras atau hardware. Yakni perangkat keras ini yang sangat berguna, hal ini adalah komponen pokok penting yang memiliki fungsi yang begitu berguna dalam pengoperasian komputer Anda. Sedangkan komponen lainnya adalah sarana pendukung bagi komponen utama ini. Jadi pada setiap komputer, harus ada komponen ini yang berperan penting sebagai bagian utama di dalam sebuah komputer.  Adapun komponen-komponen penting pada komputer tersebut akan kita bahas pada keterangan-keterangan berikutnya di bawah ini.

  • Central Processing Unit (CPU) 

Didalam bahasa Indonesia, CPU ini adalah singkatan dari Pusat Unit Proses, mungkin kira-kira artinya seperti itu, hal ini adalah bagian komponen utama yang sangat diperlukan pada sebuah komputer, dan CPU ini juga berperan sebagai otak dari sebuah komputer, yaitu sebagai pusat penyimpanan pada sebuah komputer, baik itu penyimpanan data, dokumen-dokumen, dan file-file lainya. Nah CPU ini yang berfungsi ssebagai otak pada sebuah komputer tersebut. Supaya dapat berfungsi dengan baik, CPU ini mempunyai tanggung jawab untuk menjalankan perhitungan seperti matematika dan rumus-rumus lainnya yang diperlukan oleh komputer, jadi tanpa CPU komputer tidak dapat digunakan dan dioperasikan.

CPU lebih dikenal dengan istilah processor atau microprocessor, dan processor memiliki fungsi utama yaitu untuk beroperasi untuk aritmatika dan logika terhadap data-data yang diambil dari perangkat keras masukannya atau yang biasa disebut memori, satuan hitung yang dimiliki oleh processor ini memiliki proses kecepatan tersendiri yaitu dengan satuan hitung hertz dan clock cycles. Nilai eksekusi pada komputer akan lebih cepat dan lebih besar nilai kecepatannya dengan proses CPU ini. Komputer pada saat ini memiliki kecepatan hingga mencapai giga hertz, penjelasannya 1 giga hertz sama dengan 1.000.000.000 hertz atau 1 milyar hertz, sebuah kecepatan yang luar biasa. Adapun pada sekitar tahun 1990-an CPU hanya memiliki kecepatan 75 mega hertz saja, jika dibandingkan dengan processor  pada saat ini adalah mencapai lebih dari 3 giga hertz. Dalam melakukan pekerjaan yang semakin rumit maka dilakukan perkembangan processor yang memiliki dua inti pemprosesan data supaya menjadi makin cepat. Processor ini dinamakan dengan processor dual core, bahkan pada saat ini sudah muncul pula processor quad core, yakni processor yang memiliki 4 inti utama. Produsen processor yang cukup dikenal adalah Intel dan AMD. Nah, ini merupakan salah satu komponen yang sangat penting dan wajib ada untuk sebuah komputer.

  • Motherboard


Salah satu komponen komputer lainnya yang sangat penting adalah motherboard, motherboard merupakan papan sirkuit pusat atau sirkuit utama dalam pembentukan suatu sistem yang komplit yang ada pada komputer, dan sebuah motherboard komputer mempunyai beberapa soket yang berfungsi untuk meletakkan beberapa komponen perangkat keras lainnya, dan komponen perangkat keras tersebut antara lain:
  1. CPU (Central Processing Unit)
  2. BIOS (Basic Input-Output System)
  3. RAM (Random Access Memory)
  4. PCI bus, AGP bus, EISA bus, ISA bus serta USB
Motherboad ini mempunyai beberapa expansion slot, yakni beberapa slot yang bisa diisi melalui card untuk menambahkan kemampuan dan fungsi komputer.

  • HardDisk Drive


 HardDisk Drive atau yang disingkat dengan HDD yaitu berfungsi sebagai media penyimpanan yang bersifat non-volative, yaitu data Anda tidak hilang jika komputer Anda dimatikan. Data-data yang ada di dalam harddisk drive disimpan sebagai pulsa magnetik yang terdapat pada piringan yang berwarna metal itu yang berputar secara integrasi. Data-data yang tersimpan di dalam lingkaran berwarna metal itu biasa disebut dengan track, adapun istilah lain dari track ini adalah biasa disebut sector, karena sector ini adalah bagian dari trac. Pada setiap piringan itu terdapat head, yaitu untuk melakukan pengoperasian, dan head ini selanjutnya bergerak beroperasi mencari daerah-daerah tertentu. Untuk mencari daerah-daerah tersebut diperlukan waktu yang biasa disebut dengan seek time. Jika daerah yang diinginkan tersebut ditemukan, head ini akan berputar mencari track. Hingga diperlukan juga waktu untuk mencari track ini yang biasa dikenal dengan nama latency.
Perkembangan harddisk dalam daya tampungnya dan kecepatannya bisa membaca data dengan sangat pesat, perlu kita ketahui bahwa pada saat ini harddisk drive memiliki daya sistem operasi yang permanen yang terdapat pada laptop dan komputer. Jadi sebagai alat penyimpanan, harddisk mempunyai kapasitas penyimpanan yang begitu baik. Dan kapasitas harddisk terus berkembang dan bertambah dari waktu ke waktu, seperti yang terdapat pada Personal Computer (PC) yang memiliki processor pentium 4, pada processor pentium 4 ini memiliki kapasitas harddisknya sekitar 80-160 GB. Jadi dengan berkembangnya sistem terbaru, harddisk mencapai kapasitas penyimpanan dengan ukuran Terabyte, yaitu kapasitas yang jauh lebih besar daripada GigaByte (GB).

  • Memory 

Baca juga: Jenis-Jenis Memori Komputer
Memory merupakan komponen penyimpanan module atau interptetation yang bersifat sementara dan berguna untuk mempercepat proses kerja processor. Perangkat keras ini memiliki fungsi untuk penyimpanan beberapa informasi, baik sebelum maupun sesudah diproses oleh processor tersebut. Memory menjadi empat bagian dari tingkat kecepatannya, antara lain sebagai berikut:
  1. Register, yang terdapat pada processor, yang biasa dikenal dengan nama memory internal processor, adapun register ini adalah jenis memory yang tercepat daripada memory lainnya.
  2. Cache Memory, yaitu memory sebagai perantara untuk meningkatkan daya cepat komputer.
  3. Main Memory, yang terdiri dari ROM (Read Only Memory) dan RAM (Random Access Memory)
  4. Secunder Memory, yang lebih ditujukan pada alat dan media penyimpanan dalam jangka panjang, seperti harddisk.
Main memory disebut juga dengan memori utama, karena berguna sebagai ruang memori utama itu sendiri sebagai penyimpanan data dan instruksi atau perintah yang sedang berjalan. Sedangkan RAM adalah memori yang dipilih untuk melakukan peningkatan kinerja atau mempercepat sistem pada komputer karena biasanya harga RAM ini cukup murah bila dibandingkan dengan Register dan Cache Memory. Adapun RAM ini dimiliki oleh setiap komputer dengan berbagai ukuran dan kapasitasnya. Jika RAM semakin besar, berarti semakin banyak pula data dan instruksi yang bisa disimpan. Jika secara umum, memori memiliki ukuran mulai dari kilobyte, satu kilobyte sama dengan seribu megabyte, dan selanjutnya berukuran gigabyte, terabyte dan seterusnya.

Berdasarkan dalam menyimpan data, RAM terbagi dalam dua bagian dan jenisnya, yaitu Static RAM (SRAM) dan Dynamic RAM (DRAM). Static RAM dapat mempertahankan data-data yang ada di dalamnya tanpa perlu disegarkan secara berkala.
Sedangkan Dynamic RAM memerlukan penyegaran secara berkala untuk mempertahankan isi data yang terdapat di dalamnya.

Demikianlah penjelasan artikel ini mengenai Komponen Penting yang Wajib Ada Pada Komputer, dan semoga artikel tersebut di atas memberikan manfaatnya bagi teman-teman dan saudara-saudara sekalian, serta menambah pengetahuan kita mengenai berbagai jenis media elektronik.

6 komentar

dikatakan ngk penting sih, penting jg tu DVD nya gan
tapi itu sarana pembantu pada sistem komputer/laptop

oke thanx atas atas kunjungannya gan :)

Silahkan berkomentar dengan baik dan dengan bahasa yang mudah dimengerti serta mematuhi tata krama dalam berkalimat. Bagi teman-teman yang berkomenar dengan menyertakan link aktif, mohon maaf, komentarnya akan dihapus.
Demikianlah untuk dimaklumi. :)
EmoticonEmoticon

Note: Only a member of this blog may post a comment.