5 Jenis Pembagian Komputer

Banyaknya komputer terdapat pula jenis pembagiannya. Komputer merupakan sebuah alat teknologi yang canggih yang sudah dirancang dalam beberapa bentuk dan jenisnya, yang mana sudah kita ketahui yaitu kegunaannya adalah untuk menyimpan data-data kita yang dianggap penting dalam setiap pekerjaan serta juga termasuk alat hiburan yang sudah dirangkum sedemikian rupa dalam bentuk yang berbeda-beda. Hal ini dikarenakan oleh adanya banyak sistem yang sudah kita kenal pada setiap fungsinya masing-masing. Seperti misalnya untuk
membuat dokumen, tempat penyimpanannya, bisa langsung diprint pada saat itu juga, dan banyak hal lainnya yang sudah dirasakan manfaatnya oleh banyak kalangan. Dalam penyajian pada artikel ini akan dijelaskan 5 Jenis Pembagian Komputer. Mungkin sebagian dari saudara-saudara sudah banyak yang mengetahui tentang jenis-jenis komputer tersebut, tapi tidak salahnya Saya membahas sedikit penjelasannya pada keterangannya di bawah ini. :)
Baca juga : Penyebab Rusaknya Power Supply Komputer
Sama seperti halnya alat elektronik yang lain, seperti handphone, dia juga mempunyai beberapa jenis, begitu juga halnya dengan alat-alat yang berjenis seperti komputer. Adapun 5 jenis pembagian komputer tersebut adalah antara lain sebagai berikut di bawah ini.


      1. Desktop
Desktop atau disebut juga dengan komputer meja, yaitu sebuah perangkat komputer yang terdapat bentuk dan ukuran yang agak besar, dimana setiap komponennya berada dalam bentuk yang terpisah seperti CPU, keyboard, dan monitor, serta jika ada tambahan perangkat lainnya juga terbentuk secara terpisah yang dihubungkan dengan kabel colokan seperti speaker-nya. yang sebagaimana biasanya alat ini diletakkan di atas meja, dan tak jarang pula diletakkan di lantai dengan menggunakan meja yang agak rendah sehingga memberikan kenyamanan tersendiri bagi setiap orang yang menggunakannya, alat desktop juga dilengkapi dengan berbagai ruang ekspansion slot yaitu bertujuan sebagai penambahan tempat penyimpanannya seperti card (kartu). Memang pada dasarnya komputer yang berjenis desktop ini sudah dirancang untuk penggunaan secara menetap dan tidak berpindah-pindah, hal tersebut memang pas dan cocok untuk penggunaan pribadi, atau di kantor dan tak jarang pula digunakan khusus untuk umum seperti di warnet.


      2. Laptop
Laptop merupakan jenis komputer yang bergerak, sering juga disebut dengan komputer jinjing yang ukurannya relatif lebih kecil dan lebih ringan dibandingkan dengan komputer, taksiran bobotnya kira-kira 1-6 kg, dimana beratnya ini tergantung dari ukuran laptop itu sendiri, jika ukurannya agak besar, maka bobotnya juga lebih berat ketimbang laptop yang ukurannya agak kecil. Dan juga dapat dibedakan dari bahan, ukuran, dan spesifikasi dari laptop tersebut. Yang mana komponen pada leptop ini merupakan komponen yang sama halnya dengan komputer, akan tetapi dalam bentuk yang menyatu dan tidak terpisah. Adapun sumber daya pada leptop tersebut teletak pada baterainya, yang pada umumnya baterai laptop akan bisa bertahan antara 1-6 jam, hal ini tergantung dari ketahanan baterai tersebut, dan akan cepat habis jika pemakaiannya yang terkadang agak berlebihan, misalnya menghidupkan musik tanpa henti, browsing yang non stop, dan lain sebagainya. Maka dari itu rajin-rajinlah menghemat pemakaian laptop Anda jika dirasakan tidak begitu diperlukan, agar ketahanan baterai laptop Anda akan tetap awet dan tahan lama. Karena jika baterainya sudah lemah, lama kelamaan akan mudah habis dan bisa bocor, tentu hal ini akan terasa menyebalkan bukan?


      3. Notebook
Netbook juga sama bentuknya seperti laptop, akan tetapi ukurannya lebih kecil dibandingkan dengan laptop. Ukuran fisik notebook ini bekisar ukuran buku kuarto dengan bobot antara 4-6 kg. Fungsi dan cara pengoperasiannya sama seperti laptop dan komputer, namun ada sebuah perbedaan, yang mana pada laptop atau komputer bisa memasukkan CD ROW atau CD RW serta CD-CD lainnya, akan tetapi pada notebook tidak dapat memasukkan CD-CD tersebut, karena tidak ada tempatnya, tapi bisa menggunakan CD jika ada perangkat tambahan eksternal untuk memasukkan CD yang sebelumnya perangkat tersebut dicolok melalui colokan USB-nya. Saya rasa hanya itu saja kelemahannya, dan pula spesifikasi dan RAM netbook tersebut juga lebih kecil daripada laptop.

Baca juga: Jenis-Jenis Memori Komputer

      4. Portable
Portable yaitu berbentuk seperti komputer tetapi berukuran yang lebih kecil dari komputer jenis desktop. Yang mana komponen-komponen pada portable tersebut dibuat dalam bentuk satu agar lebih mempermudah untuk kita bawa ke mana saja. Adapun portable ini dapat dihubungkan ke komputer tanpa memerlukan proses instalasi terlebih dahulu. Karena pada saat portable dihubungkan pada komputer, aplikasi-aplikasi pada portable ini dapat digunakan langsung tanpa proses yang rumit. Dalam hal ini, akan terasa sangat menguntungkan, karena selain bisa dibawa ke mana-mana, portable bisa dipasang dan dihubungkan pada komputer manapun. Selain itu data-data yang tersimpan pada portable tidak akan melekat dan tidak akan tersimpan pada komputer yang Anda hubungkan tadi. Jadi penggunaan portable juga terkesan menguntungkan.


      5. Palmtop

Palmtop adalah jenis komputer yang bisa digenggam layaknya handphone, sumber dayanya juga menggunakan baterai. Palmtop juga sering disebut handheld komputer karena ukurannya yang kecil. Dan keyboard yang digunakan pada palmtop ini juga menggunakan keyboard seperti komputer yang mana menggunakan keyboard QWERTY yang ukurannya kecil. Adapun ukuran layar alat ini sebesar 6-7 inchi. Palmtop menggunakan versi windows rendah, seperti windows CE, dan ada juga yang menggunakan versi windows XP. Kita memang jarang menemukan komputer jenis palmtop ini karena produksinya terbatas, hal ini dikarenakan oleh banyaknya produk-produk smartphone yang muncul, karena penggunaannya sama saja, maka produksi palmtop ini dibatasi oleh pihak produsennya.

Itulah tadi sedikit penjelasan tentang teknologi yang sudah beredar pada saat ini yang membagikan pada 5 Jenis Pembagian Komputer. Yang masing-masing pada jenis tersebut terdapat pula kesamaan dan perbedaannya, dan juga pada beberapa jenis di atas ada pula yang bisa digunakan dalam bentuk kerja sama antara satu perangkat dengan perangkat lainnya yang digunakan untuk pengolahan data. Semoga penjelasan di atas memberikan manfaatnya bagi rekan-rekan sekalian.

9 komentar

Baru pernah liat 3 macam gan, komputer, laptop, ama notebook.
Kalo portable sama palmtop belum pernah

ya gan..
tiga jenis komputer tsb memang jarang adanya dalam peredaran.

Portable? Saya baru dengar tuh.. Tapi maaksih deh infonya, akhir tugas saya selesai :)
Kalau bisa kunjungi : www.repp-blogoer.blogspot.com
banyak ilmu blogger, seo dan berbisnis online.

Baru tau tentang palmptop kalau yang lainnya udah tau :D .
Apalagi Desktop sama Laptop (Y)

baru liat tuh palmtop gan, kudet bngt ane wkwk

bnar skali agan2..
palmtop sama postable emg jarang adanya diperedaran, krna produksinya terbatas..
toh fungsinya sama aja dg laptop or gadget yg anda punya.. hehe
btw thanx atas kunjungannya sobat2 :)

Bagus sekali blog-nya, Terus berkarya ya Kak ..!!

Silahkan berkomentar dengan baik dan dengan bahasa yang mudah dimengerti serta mematuhi tata krama dalam berkalimat. Bagi teman-teman yang berkomenar dengan menyertakan link aktif, mohon maaf, komentarnya akan dihapus.
Demikianlah untuk dimaklumi. :)
EmoticonEmoticon