Mengatasi Smartphone Android yang Lemot

Sebenarnya bisa sangat dikatakan mudah dalam mengatasi Smartphone Android yang lemot tersebut, tentu saja Anda akan merasa kesal dan jengkel disaat tiba-tiba perangkat device Anda tersebut menjadi lemot dan lamban. Seperti saat Anda membuka berbagai macam aplikasi dan sedang menjalankan sebuah aplikasi. Maka seiring dengan berjalannya waktu, akan semakin banyak pula aplikasi yang dikembangkan untuk mendukung dan membantu kegiatan Anda tersebut, seperti misalnya pekerjaan ataupun aktivitas Anda sehari-hari. Jadi secara kita tidak menyadarinya, perangkat jenis android ini akan
selalu berada dalam genggaman maupun akan selalu ikut ke mana saja kita pergi, dan di mana saja kita berada. Terlebih dahulu sebelum kita membahas akan pentingnya cara mengatasi perangkat Android ini agar tidak lemot, maka perlu sekali kita mengetahui faktor-faktor penyebabnya, yaitu apa saja yang menyebabkan Smartphone jenis Android yang kita gunakan tersebut sehingga menjadi lamban dan lemot. Maka pada beberapa keterangan di bawah ini yang akan mengkaji faktor-faktornya.

Yang Menyebabkan Android Menjadi Lemot
  1. Periksa kapasitas perangkat Android Anda tersebut, maksudnya di sini adalah kita perlu mengetahui seberapa besar kapasitas Android yang tersedia pada perangkat Anda, seperti kapasitas memori internalnya, atau kapasitas Random Access Memory (RAM) pada Android Anda tersebut. Apakah mempunyai cukup kapasitas untuk mendukung aplikasi-aplikasi canggih yang terdapat pada Android itu sendiri, yang bisa Anda pasang. Adapun cara untuk mengetahuinya yaitu lihat pada task managernya, di sana ada keterangan lengkap yang ditampilkan secara detail memori internal dan RAM yang sedang Anda gunakan. Jadi jika isi-isi memori tersebut telah memenuhi kapasitasnya, maka hal ini dapat menyebabkan Android Anda menjadi lemot.
  2. Jika Handphone Android Anda tersebut baru saja dibeli, Anda sistem operasi yang digunakan pada device tersebut harus Anda ketahui, Anda dapat memeriksanya pada tap drawer setting > about phone/tablet > Android version. Jadi di sini Anda akan melihat pula rincian versi Android yang Anda miliki tersebut. Maka dengan melihat versi ini pula akan kita batasi penggunaannya agar tidak lemot.
  3. Aplikasi yang terinstall terlalu banyak.
    Jika perangkat Anda terlalu banyak terdapat aplikasi, tentunya akan menyebabkan Android Anda lemot. Hal ini berkenaan dengan versi Android OS. Jadi disarankan agar jangan terlalu banyak menginstall aplikasi yang tidak dirasakan begitu penting, karena ini bisa menyebabkan Android Anda lemot dan bisa hank. Dan juga disarankan bagi Anda untuk mendownload aplikasi-aplikasi tersebut dari Google Play Store, karena aplikasi dari sini senantiasa akan men-scanning secara otomatis terhadap sebuah aplikasi tersebut apakah cocok atau tidaknya pada Handphone Android Anda.
  4. Periksa memori eksternal.
    Adapun pada memori eksternal ini bisa saja dari kelasnya yang bisa menyebabkan Android Anda lemot. Bukan dari kapasitasnya, akan tetapi dari kelas dan tipenya. Jika dengan berbagai ukuran seperti ukuran 2 GB, 4 GB, 8 GB, dan seterusnya terkadang tidak mempengaruhi pada Android Anda. Adapun kelas memori ekternal yang bagus untuk dipakai pada Android Anda yaitu yang memiliki kelas 10, yang terdapat pada memori internal Micro SD, Micro SD sangat cocok dan mendukung dalam penggunaannya pada Android Anda.

Cara-Cara Mengatasi Android yang Lemot

Setelah Anda mengetahui penyebab dari Android Anda lemot tersebut, maka selanjutnya kita pelajari cara mengatasinya, mengatasi Android lemot tersebut antara lain sebagai berikut:
  1. Widget yang ditampilkan pada halaman utama Android Anda jangan terlalu banyak, jadi bisa diatasi dengan cara menghapus widget-widget tersebut, memang pada umumnya, penggunaan widget yang banyak tersebut akan kelihatan menarik, tetapi pada dasarnya Anda harus memperhatikan aplikasi apa saja yang dirasakan penting dan yang paling berfungs saja untuk ditampilkan pada layar utama Handphone Android Anda tersebut.
  2. Aturlah singkronisasinya agar tidak banyak mengambil koneksi paket data internetnya yang kadang diminta agar mendownload dan ditampilkan secara otomatis. Maka dengan hal ini bisa mengatasi handphone Anda yang lemot, karena kinerja handphone Anda tersebut bekerja lebih maksimal yang menebabkan Handphone Anda tersebut menjadi lemot.
  3. Semakin banyak aplikasi yang dipasang, berarti semakin banyak pula RAM yang digunakan, maka dari itu gunakanlah aplikasi yang serba guna saja. 
  4. Jika Anda mengistall aplikasi antivirus, gunakan satu aplikasi itu saja, karena jika terlalu banyak menggunakan aplikasi antivirus, maka semakin banyak pula kinerjanya pada backgroundnya. Jadi penggunaan RAM pada Handphone juga akan semakin besar.
  5. Atur wallpaper, dengan menggunakan wallpaper yang terlalu mencolok walaupun kelihatannya menarik, hal ini ustru akan membuat Android menjadi lemot dan bahkan memboros penggunaan baterainya.
  6. Download aplikasi Clean Master.
    Aplikasi ini akan membersihkan banyak sampah yang terdapat pada Android Anda, jadi gunakanlah aplikasi ini secara berkala untuk meminimalisir sampah-sampah pengganggu yang membuanya lemot, maka secara otomatis, Clean Master akan membersihkan juga junk files, cache, dan cookies. Hal ini penting dilakukan karena setiap kali Anda mengakses internet, browser yang Anda gunakan tersebut akan menyimpan semua data-data cookies, sehingga folder internal memori Anda akan penuh dengan file-file sampah yang memberatkan Smartphone Anda itu.
  7. Pada saat mengisi baterai, biasakan perangkat Anda dalam keadaan mati, karen hal ini penting dilakukan selain membuat baterai Anda awet, dan juga akan menjaga sensitifitas pada touchscreen agar tidak terjadi error dan bermasalah.
  8. Aktifkan Auto-Kill.
    Apikasi Clean Master yang telah disebutkan di atas mempunyai fitur Auto-Kill, jadi beberapa RAM dapat dibebaskan secara otomatis oleh aplikasi ini, jadi setiap kali Anda menghidupkan layar Android, akan ada pemberitahuan bahwa RAM telah dibebaskan, hal ini sangat membantu meringankan perangkat Anda tersebut. Hal ini akan mematikan secara paksa aplikasi-aplikasi yang telah menggunakan RAM secara berlebihan, hal ini sangat aman untuk diterapkan pada Android Anda.
  9. Jangan terlalu banyak menjalankan aplikasi secara bersamaan.
    Karena hal ini sangat mengganggu dan menyebabkan proses loading menjadi lama karena akan memberatkan kinerja processor Android kita. Jadi dengan solusi saat setelah selesai menjalankan beberapa aplikasi, sebaiknya agar segera ditutup, intinya sangat tidak disarankan dalam penggunaan aplikasi tersebut langsung banyak dalam waktu yang bersamaan.
  10. Memori internal tidak sampai penuh.
    Yang perlu diperhatikan yaitu jangan banyak menginstall aplikasi-aplikasi pada memori internal, hal tersebut yang telah menyebabkan ponsel menjadi berat. Jadi perlu dilakukan yaitu menyeimbangkan kapasitas memori yang tersedia.


Demikianlah kiat-kiat Mengatasi Smartphone Android yang Lemot, barangkali akan berguna dan bermanfaat bagi sahabat-sahabat sekalian dalam setiap penggunaan Handphone Androidnya, sehingga akan membuat kinerja Smartphone Anda menjadi lebih awet dan lebih baik. Dengan mengikuti beberapa petunjuk di atas, disarankan juga kepada setiap sahabat pengguna Smartphone Android agar lebih bijak pada setiap penggunaan Androidnya, serta menjaga keawetan dan ketahanan perangkatnya yang telah dibeli terkadang dengan budget yang cukup mahal, jadi agar perangkat tersebut tidak rusak dengan sia-sia.
Terimakasih atas kesempatannya membaca artikel Saya, banyak sedikitnya semoga memberikan manfaat dan faedahnya bagi sahabat-sahabat sekalian.

16 komentar

wah bisa dicoba nih, ijin bookmark dulu gan

Alhamdulillah akhirnya nemu artikel ini.. HH saya lemot gan :'(

ane kasih tambahan bro, untuk memory yg full ente bisa pindahkan beberapa aplikasi yg berat ke memory eksternal .

ini dia yang dicari, akhirnya nemu juga... thanks gan

Siipp gan
silahkan dicoba aja dg beberapa petunjuk d atas gan :)

oke, thanks atas tambahannya gan

Sama-sama gan
btw thanx udah mampir :)

Biasanya sih yang paling ngaruh ke lemot ato nggaknya itu RAM kan mas?

iya sih..kalo kapasitas RAM-nya terbilang kecil, maka aplikasi2 yg terlalu banyak akan menyebabkan lemot juga mas..

untungnya android ane belm pernh lemot, hehe
mksh gan

yak, syukurlah klo gitu gan..
mudah2an lancar jaya slalu.. hehe
sama2 gan, thanx udah mampir.

1 lagi biasanya yang bikin mudah lemot adalah game yagn terlalu di paksakan :)

bnar gan..
dan juga aplikas2i yg trlalu d paksakan..
thanx atas tambahannya :)

Silahkan berkomentar dengan baik dan dengan bahasa yang mudah dimengerti serta mematuhi tata krama dalam berkalimat. Bagi teman-teman yang berkomenar dengan menyertakan link aktif, mohon maaf, komentarnya akan dihapus.
Demikianlah untuk dimaklumi. :)
EmoticonEmoticon