PERALATAN ELEKTRONIK KESEHATAN DAN FUNGSINYA


Selain kita menggunakan alat elektronik yang selalu dipakai dalam kehidupan sehari-hari, peralatan elektronik ini juga dimiliki oleh instansi maupun lembaga pemerintahan dan swasta, seperti misalnya di bidang kesehatan/medis. Pada kehidupan yang serba modern ini, semua sarana-sarana elektronik tersebut sudah cukup memadai dan begitu canggih yang digunakan oleh berbagai kalangan, seperti misalnya alat elektronik yang dibuat dan dirancang khusus untuk
keperluan orang banyak/umum, serta terdapat pula peralatan elektronik dibidang kesehatan yang berfungsi sebagai alat untuk memeriksa kondisi tubuh seseorang.
Berikut ini Saya akan menjelaskan dan menguraikan sedikit penjelasan mengenai peralatan elektronik kesehatan.

  • SPIROMETER


Spirometer adalah alat pengukur aliran udara yang keluar masuk ke paru-paru melalui jalan pernafasan, yang tercatat dalam bentuk grafik dengan suatu volume pada setiap waktunya.

Dalam hal ini jelas, Spirometer ini berfungsi sebagai alat untuk memeriksa dan mengukur aliran udara tersebut. jika dengan menggunakan alat ini maka kita akan mengetahui aliran-aliran, kadar, dan jumlah pasokan udara yang masuk dan keluarnya udara dari tubuh kita melalui alat pernafasan seperti paru-paru.

  • COLONOSCOPY

Colonoscopy yaitu alat kesehatan yang digunakan untuk memeriksa kondisi saluran pencernaan bagian bawah, seperti usus bagian bawah, anus dan rectum.
 Adapun fungsi daripada colonoscopy ini adalah Untuk melihat jika adanya lesi pada usus besar, seperti misalnya tumor, dan untuk mendeteksi adanya pendarahan pada usus bagian bawah.

  • ALAT CEK DARAH

 

Dengan alat ini dapat digunakan untuk mengukur kadar gula darah, mengukur kolesterol dan asam urat.
Alat cek/pengukur kadar darah ini terdapat pula bermacam-macam jenis, antara lain Tipe GCU (Glucose, Uric Acid, Cholesterol) dengan tampilan LCD besar (35 x 45 mm).
 Ada juga tipe Accu-Check Active, yang bisa digunakan untuk semua sampel darah (kaliper, vena, arteri, dan neonatus).
Dan banyak lagi jenis tipenya.

  •  ELEKTROKARDIOGRAFI (EKG)


Elektrokardiografi atau yang sering disingkat dan disebut pada umumnya adalah EKG ini adalah alat yang digunakan untuk mendeteksi aktivitas listrik jantung.
Pemeriksaan yang dilakukan oleh petugas kesehatan atau dokter dengan menggunakan EKG ini adalah untuk menentukan apakah kondisi jantung Anda dalam keadaan normal ataupun tidak normal.
Dalam penggunaan alat ini terdapat grafik aktivitas jantung, yang berfungsi untuk merekam aktivitas listrik jantung tersebut.

  • ULTRASONOGRAPHY (USG)


Ultrasonography (USG) adalah alat diagnostik medis yang menggunakan suara ultra, yang dipakai untuk pencitraan organ internal dalam tubuh atau otot, ukurannya, luka patogi, dan struktur yang berada dalam tubuh seseorang tersebut. USG ini sering digunakan untuk memeriksa kehamilan, dan untuk melihat janin yang ada di dalam rahim ibunya  tersebut.

  • CT-SCAN


CT-SCAN atau CT-Scanner (computerized Tomography Scanner) adalah sebuah mesin khusus sinar-X yang mengirimkan berbagai berkas pencitraan secara bersamaan dari berbagai sudut-sudut yang berbeda, yang artinya alat yang digunakan untuk mendapatkan gambaran dari berbagai sudut-sudut kecil, misalnya dari tulang tengkorak dan otak.

Dan fungsi dari alat ini adalah untuk melihat hasil foto bagian-bagian dan rangka tubuh tersebut dengan hasil yang akurat dan lengkap. Dan juga untuk menilai organ-organ dalam, misalnya untuk memeriksa penyakit stroke, penyakit gangguan organ pencernaan, dan lain-lain. Serta banyak lagi kegunaan dari CT-SCAN ini, yang dipakai dalam memeriksa bagian-bagian tubuh lainnya.

Itulah beberapa peralatan elektronik kesehatan yang telah kita bahas, mudah-mudahan ada manfaatnya bagi teman-teman dan rekan-rekan sekalian.

Silahkan berkomentar dengan baik dan dengan bahasa yang mudah dimengerti serta mematuhi tata krama dalam berkalimat. Bagi teman-teman yang berkomenar dengan menyertakan link aktif, mohon maaf, komentarnya akan dihapus.
Demikianlah untuk dimaklumi. :)
EmoticonEmoticon