Jenis-Jenis Memori Komputer

Memori merupakan salah satu perangkat komputer yang sangat berfungsi, hal ini sudah diketahui oleh banyak orang bahwa memori tersebut adalah sebuah alat yang berguna untuk menyimpan data-data dan dokumen-dokumen. Adapun yang merupakan data yang patut disimpan di sini yaitu seperti data-data digital, baik itu seperti file-file, foto-foto, video, dan banyak lagi contoh data lainnya yang sangat memiliki ketergantungan dengan perangkat yang namanya memori ini. Dan yang sudah kita ketahui juga, semua komputer memiliki memori, selain daripada komputer, handphone juga memiliki memori untuk menyimpan data digital yang fungsinya juga sama dengan penjelasan yang sudah Saya sebutkan di atas. Akan tetapi
pada komputer ini terdapat beberapa macam dan jenisnya. Nah pada penjelasan di bawah ini merupakan segala macam Jenis-Jenis Memori Komputer.


Adapun memori yang terdapat pada komputer tersebut mempunyai macam dan ragamnya, jadi dengan masing-masing memori tersebut mempunyai kapasitas yang berbeda pula. Maka pada komputer tersebut memorinya memiliki jenis dan fungsi yang tidak sama, dan sesuai dengan tipe dari komputer itu sendiri. Serta mempunyai fungsi yang bermacam-macam pula. Dan juga memori yang terdapat pada komputer ini digolongkan sesuai dengan fungsinya masing-masing, jika tidak ada memori maka sebuah komputer tidak akan bisa bekerja dengan baik dan maksimal. Jadi jika pada sebuah komputer tidak memiliki memori, maka sistem-sistem yang ada pada komputer tersebut tidak bisa diproses, maka sebagai pengguna komputer yang setia kita harus mengetahui beberapa jenis memori, yaitu jenis-jenis memori tersebut antara lain sebagai berikut:


  • Random Access Memory (RAM)
Random Access Memory atau yang biasa disingkat dengan RAM ini merupakan sarana sebagai media penyimpanan data yang bersifat sementara disaat Anda menjalankan dan mengoperasikan komputer. Jika komputer sedang dioperasikan, RAM ini yang berperan aktif dalam sistem komputernya. Maka jika komputer tersebut dimatikan, data yang tersimpan pada RAM ini akan ikut hilang, jika data-data tersebut belum Anda simpan pada media penyimpanan secara permanen yaitu Hardisk, karena media penyimpanan yang sejati adalah Hardisk. RAM hanya berfungsi untuk penyeimbang antara data yang masuk dan data yang keluar dari Hardisk.

Adapun RAM ini terdapat dua jenis yang berbeda, yaitu DRAM (Dinamic RAM) dan SRAM (Static RAM). Jika RAM tersebut penuh, maka kinerja komputer akan melambat, apalagi jika spesifikasi komputer tersebut kecil, ini bisa membuat komputer menjadi hank karena terlalu banyak menyimpan data sementara, seperti sebuah program yang sedang berjalan, misalnya Anda menjalankan sebuah program seperti microsoft office, membaca sebuah halaman, dan lain sebagainya, akan tetapi data tersebut belum disimpan. Nah, inilah tugasnya RAM dan juga fungsi dari RAM.

  • Read Only Memory (ROM)
Read Only Memory atau yang disingkat dengan ROM ini memiliki fungsi untuk mengendali atau memegang perintah dikala kita menghidupkan komputer, pada umumnya ROM berguna pula sebagai media penyimpanan firmware, firmware yaitu sebuah perangkat lunak yang memiliki hubungan erat dengan perangkat keras komputer, ROM jenis ini merupakan ROM BIOS yang berisi program dasar pada sebuah sistem komputer, ROM BIOS ini memiliki fungsi sebagai pengatur serta untuk menyiapkan segala komponen-komponen yang terdapat pada komputer disaat komputer tersebut dihidupkan. Jika proses penghidupan komputer Anda tersebut terasa cukup lama dan berat, maka kondisi ROM komputer Anda tersebut perlu diperiksa dengan ahlinya komputer. :)

  • Hardisk
Hardisk merupakan media penyimpanan yang sangat penting pada sebuah komputer, hardisk mempunyai kapasitas yang cukup besar dan bisa menyimpan data-data dan file-file dengan jumlah yang banyak. Hardisk mempunyai kapasitas antara 120-500 GB. Jadi Anda bisa memilih dan membelinya sesuai kapasitas tersebut jika Anda ingin menambah kapasitas penyimpanan komputer Anda. Dengan hal ini Anda bisa menyimpan data-data Anda dengan jumlah yang banyak, dan dengan ukuran kapasitas data dan file tersebut yang cukup besar. Seperti penyimpanan video, foto, musik dan lain-lain. Maka dengan Hardisk ini adalah tempat penyimpanan yang baik dan aman.
  • Erasable Programmeble Read Only Memory (EPROM)
Alat ini adalah alat yang berjenis chip memori, yang bisa dituliskan programnya secara elektris, dan data serta program yang terdapat pada EPROM ini bisa kita hapus dengan bantuan sinar ultraviolet, serta dapat kita tuliskan kembali. Jadi data yang terdapat pada media penyimpanan ini tidak bisa dihapus dan tidak akan hilang kendatipun komputer telah Anda matikan. Dan juga tidak memerlukan daya dari listrik dalam mempertahankan dan menjaga program-program yang sedang Anda jalankan. Maka jika Anda ingin menghapus data yang terdapat pada EPROM ini adalah dengan cara yang telah Saya sebutkan tadi yaitu dengan bantuan sinar ultraviolet.

  • Programmable Read Only Memory (PROM)
PROM berbeda dengan EPROM, walaupun ada sedikit persamaan fungsinya, yaitu sebagai sebuah chip untuk penyimpanan data, akan tetapi data yang tersimpan tersebut tidak dapat dihapus, hal ini merupakan sebuah program yang terdapat di sini telah disimpan secara permanen, dan juga data yang ada pada PROM ini berguna untuk menyimpan data yang telah menjadi bagian dari hardware atau bagian dari sebuah perangkat keras dalam komputer tersebut. Seperti misalnya program yang memulaikan sistem komputer yang baru saja dihidupkan, karena program yang terdapat pada PROM ini merupakan bawaan asli komputer yang sudah diisi oleh produsen dan pabrik komputer itu sendiri. Oleh karena itu PROM tersebut direkam dan diisi data-datanya yang tidak bisa dihapus.

Demikianlah tadi penjelasan mengenai Jenis-Jenis Memori Komputer yang perlu kita ketahui. Jadi setiap jenisnya tersebut seperti yang sudah Saya bahas tadi yaitu memiliki fungsi yang berbeda-beda dan saling bekerja sama dalam pengoperasian dan penggunaan komputer. Semoga ada manfaatnya dan berguna buat sahabat-sahabat sekalian, baca juga Komponen Penting yang Wajib Ada Pada Komputer sebagai informasi yang perlu juga kita ketahui dalam menjalankan sebuah komputer. Dan terimakasih atas kesempatan dan waktunya buat sahabat-sahabat sekalian dalam membaca artikel ini.

12 komentar

manteb.. pas ane lagi nyari nih
buat bahan belajar kuliah

Ningkatin kinerja Ram gimana yak ?

salah satunya dg cara menghapus/uninstall software yg tidak bgitu berguna.
atau jika anda membuka aplikasi2 yg terlalu banyak bisa juga memperlambat kinerja RAMnya.
jadi solusinya dg menutup aplikasi yg sedang tidak d gunakan tsb..
thanx atas kunjungannya sobat.

Wah lengkap banget nih beserta penjelasannya, nice infonya

oke trimakasih udah berkunjung (y)

Hallo gan , :D koreksi deh , sekarang Hardisk / Hard Drive tentunya bukan cuma hanya 500GB . bahkan ada di laptop yang saya gunakan sudah menggunakan 1TB untuk masalah Hard Drive nya dan juga ada tambahan Drive yaitu SSD :D . salam kenal yah bro .... bro blognya udah ane fol , folback yah :D

banyak juga jenisnya, saya kirain cuman ada hardish sama RAM doang. mantap mas, dapat banyak ilmu saya dari bacaan ini :)

JAdi banyak tau tentang memori komputer nih gan thanks ya infonya

halo juga gan..
siiipp deh..
mantap, thanx koreksinya gan..
memang sih makin lama teknologi mkin canggih N makin bnyak tambahan kapasitasnya.. hehe
oke salam knal kmbali gan..
thanx udah mampir :)

ya gan..
semua peralatannya memiliki fungsi agar komputernya bisa beroperasi..
thanx atas kunjungannya gan :)

sama2 gan..
semoga informasinya bermanfaat :)
thanx kembali atas kunjungannya gan.

Silahkan berkomentar dengan baik dan dengan bahasa yang mudah dimengerti serta mematuhi tata krama dalam berkalimat. Bagi teman-teman yang berkomenar dengan menyertakan link aktif, mohon maaf, komentarnya akan dihapus.
Demikianlah untuk dimaklumi. :)
EmoticonEmoticon