Hal yang Wajib Dijaga Oleh Pengguna Komputer

Komputer merupakan alat teknologi elektronik yang pada umumnya banyak diperlukan dan dibutuhkan. Tidak dapat dipungkiri bahwa alat teknologi seperti ini adalah salah satu alat yang sangat seringkali dipakai, terlebih lagi jika seseorang yang mempunyai komputer tersebut punya pekerjaan yang memerlukan komputer, sehingga dalam kesehariannya tidak lepas dari sebuah komputer miliknya tersebut, jadi oleh karena itu jika penggunaan komputer itu sudah menjadi hal yang rutin bagi kehidupan Anda, perlu diketahui bahwa penggunaannya tersebut juga bisa mengakibatkan
hal-hal yang negatif dan bisa berdampak buruk bagi kesehatan Anda. Yang terkadang sering juga komputer/laptop tersebut digunakan untuk membuka internet, bersosialisasi melalui media sosial, dan banyak lagi aktivitas lainnya. Nah pada artikel ini ada beberapa Hal yang Wajib Dijaga Oleh Pengguna Komputer.

Gambar Hanya Pemanis, Tanpa Gambar Bagaikan Minum Teh Tanpa Gula :v

Sebelum pembahasan lebih lanjut, perlu juga kita ketahui bahwa yang pertama kali kita perhatikan adalah kecerahan pada layar komputer yang Anda gunakan tersebut, ada baiknya jika kecerahannya itu diminimalisir untuk tetap menjaga stabilitas mata kita agar tetap nyaman dalam menggunakan komputer/laptop Anda. Jadi pada keterangan yang Saya sebutkan di atas tadi mungkin sahabat-sahabat sekalian sudah mengetahuinya dan sudah merasakannya dampak dari penggunaan kecerahan komputer yang terlalu terang tersebut bagi setiap Anda melihatnya, terutama sekali adalah mata Anda akan merasakan perih dan pusing jika melihat kecerahan layar yang maksimal tersebut dalam waktu yang lama. Tetapi mungkin sebagian orang menyukai layar yang terlalu terang dan tidak memberikan dampaknya, namun hal ini lama kelamaan akan terasa juga dampak-dampaknya seperti yang telah Saya katakan tadi.

Adapun kiat-kiat dan beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaan komputer/laptop tersebut adalah sebagai berikut pada penjelasan dan keterangan-keterangannya di bawah ini:
  • Melakukan Pemeriksaan Mata
Pemeriksaan mata perlu dilakukan oleh setiap orang yang sering menggunakan komputer, minimal melakukan pemeriksaan mata tersebut setahun sekali, apalagi jika Anda baru pertama kali mendapatkan pekerjaan yang mengharuskan Anda menggunakan komputer, Anda perlu mencheck-up mata untuk menentukan tingkat penglihatan dan menguji kesehatan mata Anda. Hal ini sangat penting dalam pencegahan sindrom yang bisa saja terjadi dan bisa mendeteksi persoalan rabun. Jadi pemeriksaan mata ini perlu dilakukan oleh para tenaga kerja yang menggunakan komputer, hal tersebut juga sudah dikatakan oleh Institut Keselamatan dan Kesehatan Kerja Nasional (NIOSH). Maka seseorang yang selalu menggunakan komputer tersebut perlu melaporkan dan memeriksa matanya kepada yang ahli tentang kesehatan mata, seperti kepada dokter spesialis mata dalam beberapa waktu.
  • Gunakan Kecerahan Komputer yang Sedang
Penggunaan komputer dapat menyebabkan kelelahan pada mata, apalagi jika penggunaan tersebut yang juga berasal dari pantulan cahaya yang datang dari luar, seperti cahaya matahari, atau lampu yang berada di dalam rumah. Jadi yang perlu diketahui yaitu pencahayaan yang terdapat disekeliling kita itu perlu lebih sedikit jika dibandingkan dengan pencahayaan yang terdapat pada layar komputer yang sedang Anda tatap tersebut, maka pencahayaan yang ada di sekeliling komputer yang sedang kita pakai tersebut kalau bisa diminimalisisr, misalnya jika Anda menggunakan komputer yang letaknya di dekat jendela, maka jendelanya harus ditutup sebagian untuk mengurangi kesilauan cahaya yang datang dari luar.
  • Mengurangi Kesilauan
Seperti yang telah disebutkan pada point di atas, kesilauan yang bersumber dari luar dapat menyebabkan mata jadi cepat lelah. Yang terjadi disebabkan oleh pencahayaan dari permukaan dinding, dan pada layar komputer itu sendiri. Jadi perlu dihindari penggunaan komputer yang terlalu menghadapkan pada dinding tempat Anda duduk tersebut, apalagi jika dinding dekat Anda mengoperasikan komputer tersebut berwarna yang mencolok dan berwarna terang.
  • Sering-Sering Mengedipkan Mata
Mengedipkan mata sangat penting dilakukan dalam menggunakan komputer, hal ini perlu dilakukan karena akan mengurangi efek dari kesilauan yang disebabkan oleh faktor-faktor yang telah disebutkan dalam point di atas. Jadi kiat-kiatnya yaitu lakukanlah pengedipan mata tersebut secara perlahan, minimal dalam setiap waktu 20 menit, jika pekerjaan Anda dirasakan masih memerlukan waktu yang agak lama, lakukanlah hal ini untuk mengimbangi dan menjaga stabilitas mata Anda, lakukanlah kedipan tersebut secara menutupkan mata secara keseluruhan dalam waktu misalnya 2 detik samai 3 detik, lakukanlah sebanyak 10 kali, kemudian lanjutkan kembali pekerjaan Anda, karena menurut penelitian, terlalu banyak menggunakan komputer akan menyebabkan kedipan mata kita akan berkurang.
  • Aturlah Kontras dan Latar Belakang Komputer Anda
Setiap orang memiliki tingkat kenyaman tersendiri dalam menggunakan komputer, jadi aturlah kontras, font, dan 'background' komputer Anda sesuai dengan kenyamanan Anda. Adapun untuk font hurufnya jangan digunakan terlalu kecil, aturlah font tersebut dengan ukurang yang sedang-sedang saja. Dan untuk mengatur kecerahan serta latar belakang pada komputer Anda tersebut, Anda bisa mengaturnya dengan warna yang tidak terlalu mengganggu penglihatan Anda.
  • Meluangkan Waktu Untuk Istirahat
Perlu melakukan istirahat pada setiap penggunaan komputer dalam waktu maksimal 60 menit. Jadi setiap 60 menit lakukanlah jeda sejenak, untuk mengurangi resiko kelelahan pada tubuh Anda, terutama pada bagian punggung dan pinggang. Maka setiap jeda yang dilakukan, perlu dilakukan pula 'stretching' leher, bahu, punggung dan pinggang, hal ini perlu dilakukan untuk meregangkan otot-otot yang menegang saat melakukan penggunaan komputer.
  • Minum Air Putih yang Cukup
Minum air putih yang cukup perlu dilakukan untuk mencegah dehirdasi, terutama jika Anda bekerja dengan menggunakan komputer tersebut berada di ruangan yang menggunakan AC, cairan dibutuhkan yaitu sekitar  50-60cc/hari. Jadi perlu disesuaikan suhu yang terdapat dalam ruangan kerja tersebut dengan aturan yang tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin, hal ini diperjelas dengan keadaan suhu yang terlalu panas akan cepat membuat lelah serta dapat menigkatkan emosi, sedangkan jika suhu yang terlalu dingin dapat menyebabkan otot-otot menjadi kaku yang akan membuat bagian tubuh kita akan mudah cedera.
  • Menyesuaikan Peralatan dan Sarana Kerja
Sesuaikanlah tinggi badan dengan tinggi kursi yang Anda gunakan, serta menyesuaikan posisi duduk Anda dengan posisi komputer, sehingga Anda tidak terlalu menengadah dan tidak terlalu menunduk dalam menggunakan dan melihat monitor komputer tersebut. Jarak Antara monitor dengan mata perlu juga diatur jaraknya, dengan jarak minimal 50 cm akan tetap menjaga stabilitas dan menjaga mata Anda dari resiko radiasi yang berasal dari cahaya komputer itu, sehingga mata akan tidak cepat lelah dengan waktu yang agak lama, sehingga Anda akan merasa betah dan nyaman dalam menggunakan komputernya.

Demikianlah sedikit penjelasan di atas tentang Hal yang Wajib Dijaga Oleh Pengguna Komputer. Mudah-mudahan memberikan manfaat dan inspirasi buat sahabat-sahabat sekalian dalam penggunaan komputernya, agar tidak terjadi hal-hal yang negatif dan akan tetap menjaga kondisi yang baik sehingga aktivitas kita sehari-hari tetap lancar dan tidak terhambat oleh hal-hal yang kurang baik bagi kesehatan kita.
Terimakasih atas kesempatan dan waktunya dalam membaca artikel ini.

4 komentar

Ternyata, tanpa disadari ane jarang meriksa mata dan alhasil... Mata ane sekarang min (hipermetropi) :'(

wih musti ada perubahan ni..
btw thx dah share mantap.

yak, pemeriksaan mata tsb perlu d lakukan gan..
klo bsa agan pake kacamata anti radiasi saat main kompi.
biasanya bnyak d jual d optik2 terdekat :)

bnar gan, perlu dirubah :)
oke sama2 gan.

Silahkan berkomentar dengan baik dan dengan bahasa yang mudah dimengerti serta mematuhi tata krama dalam berkalimat. Bagi teman-teman yang berkomenar dengan menyertakan link aktif, mohon maaf, komentarnya akan dihapus.
Demikianlah untuk dimaklumi. :)
EmoticonEmoticon