Cara Menggunakan AC agar Tetap Hemat Daya Listrik

Memang sudah menjadi kebutuhan manusia dalam menggunakan barang elektronik dalam kehidupannya sehari-hari, karena dengan adanya barang-barang yang digunakannya tersebut adalah demi kenyamanan bagi kita, terutama jika sedang beristirahat di rumah, atau sedang berada di tempat kerja. Seperti misalnya pada pemakaian AC, AC merupakan alat pendingin jika suhu udara terasa panas, akan tetapi pemakaian dalam menggunakan AC tersebut juga memerlukan biaya bulanan, seperti tagihan listrik yang biayanya juga tidak sedikit, maka dari itu perlu bagi Anda atau siapapun yang menggunakan AC di rumahnya agar tetap hemat daya listrik, berikut ini ada beberapa Cara Menggunakan AC agar Tetap Hemat Daya Listrik.




Jika beban bulanan agak terasa membengkak karena banyaknya penggunaan listrik yang digunakan oleh banyaknya barang elektronik di rumah Anda, perlu diperhatikan, mungkin cara penggunaannya yang terasa agak lebih banyak, jadi dalam artikel ini terdapat cara menggunakan AC agar tetap hemat daya listrik. Mungkin Anda bisa mengikuti langkah-langkah dan kiat-kiatnya seperti berikut ini:
  • Kalau bisa, Anda jangan memasang kabel listrik AC-nya, maksudnya yaitu dengan cara tanpa menggunakan stop kontak secara langsung, terkadang beberapa AC listrik yang dipasang secara langsung tersebut, maka hal ini tidak akan bisa dimatikan stop kontak (on-off) secara manual, karena sudah bersifat permanen pada pemasangannya tersebut. Jadi tentu hal ini akan memakan arus listrik lebih besar dan banyak. Nah, ini juga sangat dianjurkan untuk menghindari konslet atau arus pendek listrik yang bisa menyebabkan kerusakan yang fatal atau lebih parah lagi dapat menyebabkan kebakaran. Jadi Anda bisa mencabut stop kontak tersebut jika AC-nya tidak dipakai atau dimatikan.
  • Anda bisa menyesuaikan suhu udara pada AC tersebut dengan menggunakan remote, yaitu dengan setelan temperatur suhunya diatas 20° celcius saja, yang lebih idealnya antara 20° - 25° derajat celcius, karena jika semakin rendah temperatur yang Anda setel, maka akan semakin besar pula daya listrik yang termakan oleh AC ini.
  • Usahakan agar ruangan yang memiliki AC tersebut dengan kondisi yang tertutup rapat, sebisa mungkin usahakan pula tidak ada satupun celah pada ruangan tersebut untuk mencegah udara yang ada di dalam ruangan tersebut agar tidak keluar, hal ini dikarenakan oleh alasannya agar kinerja AC menjadi lebih ringan dan bekerja lebih efektif dan efisien.
  • Bersihkan AC Anda secara rutin, dengan kurun waktu minimal 3 bulan atau 5 bulan sekali, serta membersihkan filter AC tersebut mininal 3 minggu atau 4 minggu sekali. Hal ini untuk tetap menjaga kinerja AC agar tetap bisa beraktifitas dengan baik.
  • Gunakanlah fitur pengatur waktu (timer) yang terdapat pada AC tersebut agar AC bisa mematikannya sendiri secara otomatis.
Nah, demikianlah ulasan serta beberapa tips cara menggunakan AC agar tetap hemat daya listrik, semoga memberikan manfaatnya bagi Anda agar tetap irit dan berhemat dalam keuangan rumah tangga, karena jika terlalu boros, ini akan menjadi pengeluaran rutin yang sia-sia dan mubazir. Terimakasih atas kesempatan dan waktunya dalam membaca beberapa tips di atas.

28 komentar

mantap tips nya sob, kebetulan ane ada AC dirumah 1 tapi rusak hehe :v

Trimakasih sob atas tipsnya, bermanfaat sekali :)

saya mendingan suka pake AC alami. hehe

Bagus sekali blog-nya, Terus berkarya ya Kak ..!!

Artikel Ini sangat bermanfaat

Saya senang membaca Artikel ini sangat berguna

Artikel yang cukup bermanfaat dan update terus gan

Terima kasih Atas Informasinya

Saya senang membaca Artikel ini,sangat berguna

Update Terus Dan sukses selalu

Saya senang membaca Artikel ini sangat berguna

Saya senang membaca Artikel ini,sangat berguna

Artikel yang cukup bermanfaat dan update terus gan

Update Terus Dan sukses selalu

hehe
AC alami memang terasa lebih sejuk gan

hehe semoga cepat baik lagi kondisi AC nya sob..

Silahkan berkomentar dengan baik dan dengan bahasa yang mudah dimengerti serta mematuhi tata krama dalam berkalimat. Bagi teman-teman yang berkomenar dengan menyertakan link aktif, mohon maaf, komentarnya akan dihapus.
Demikianlah untuk dimaklumi. :)
EmoticonEmoticon