Hal Penting yang Wajib Diketahui Pengguna Smartphone

Smartphone terdiri dari bermacam-macam jenis, ada yang berjenis seperti Android, iPhone, ataupun Windows Phone, semuanya itu harus bisa dioptimalkan oleh para penggunanya agar dapat mempermudahkan segala aktivitas penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari, hal ini berkaitan dengan segala kemampuan dan ketahanan jenis Smartphone itu sendiri. Jika pada penggunaan dan cara kinerjanya kurang optimal, maka hal tersebut tentu sangat berakibat buruk pada pamakaiannya, tentu para pengguna Smartphone itu tidak mau hal itu terjadi, jadi ada beberapa kiat yang perlu dilakukan agar kinerja Smartphone tersebut tetap
berjalan dengan baik dan lancar. Jadi dengan pengoptimalan tersebut, akan banyak manfaat dan kegunaan tersendiri bagi pengguna Smartphone itu sendiri, seperti penghematan biaya, waktu dan banyak lagi manfaatnya. Pada artikel ini Saya akan mencoba membagikan kiat-kiat dan Hal Penting yang Wajib Diketahui Pengguna Smartphone. Semoga penjelasan tersebut berguna bagi sahabat-sahabat sekalian.

Berikut ini ada beberapa hal yang akan Saya bagikan yang sekiranya perlu diketahui mengenai Smartphone Anda, yang juga terlepas dari sistem operasi serta merek yang dijalankannya. Yaitu antara lain sebagai berikut di bawah ini:

  • Backup Foto
Pengguna Smartphone sendiri tentu mempunyai foto-fotonya yang tersimpan pada Smartphonenya tersebut, baik itu diambil dengan cara dipotret dari berbagai macam jenis kamera yang telah disediakan oleh aplikasi-aplikasi Smartphone tersebut, maka tentunya foto-foto ini mempunyai nilai kenangan dan momen-momen penting bagi para penggunanya. Jadi dalam hal ini Anda pastinya tidak mau kehilangan foto-foto tersebut, kita tidak bisa memastikan kalau saja foto-foto tersebut bisa saja hilang dari memori Smartphone Anda yang biasanya disebabkan oleh virus, atau untuk mencegah jika Anda kehilangan Smartphone itu sendiri, jadi otomatis semua foto-foto Anda akan ikut hilang juga. Tetapi kita berharap agar kehilangan benda berharga ini agar tidak terjadi pada siapapun.
Jadi untuk cara mem-backup foto Anda tersebut jangan dilakukan secara manual, tetapi lakukanlah backup secara otomatis dengan cara mensetting Smartphone Anda agar bisa dilakukan backup oleh Smartphone itu sendiri secara otomatis.

Banyak aplikasi-aplikasi yang disediakan untuk melakukan hal tersebut, ada misalnya aplikasi OneDrive dari microsoft dan aplikasi carousel dari Dropbox. Aplikasi-aplikasi ini akan mem-backup foto Anda secara otomatis dengan penyimpanan awan yang secara gratis akan menyimpan foto Anda tersebut hingga mencapai kapasitas 5 GB. Adapun untuk pengguna Smartphone iOS atau Android dapat menggunakan fitur Google+ untuk mem-backup foto mereka, yang beresolusi kecil hingga resolusi 2048 piksel, sementara bagi pengguna Smartphone Windows Phone bisa memanfaatkan aplikasi OneDrive dan aplikasi CloudSix untuk melakukan backup foto mereka.

  • Menyimpan Musik Via Cloud 
Maksudnya di sini adalah musik yang ada dalam Smartphone kita disimpan secara online, jadi metode penyimpanan di sini tidak begitu memerlukan memakai memori tambahan atau memori eksternal. Yaitu di sini kita bisa menyimpan musik dan lagu-lagu tersebut di Google Play Music.
Google Play Music ini dapat menyimpan lagu dalam jumlah banyak dengan berbagai ukuran memorinya, dan di sini kita dapat menyimpan lagu hingga sampai berjumlah 20.000 lagu, yang kemudian bisa kita akses via Smartphone Android dan iOS atau dengan menggunakan aplikasi resmi untuk Windows Phone, caranya mudah yaitu dengan mendownload software Google Music Manager lalu diunduh pada folder yang ada pada komputer. Dan juga Anda bisa berlangganan berbayar dengan menggunakan layanan Spotify, Beats Music dan Rdio yang memakan biaya hanya $10 USD perbulan.


  • Email Alternatif dan Browser
Beberapa aplikasi yang alternatif untuk mengamankan Smartphone Anda, jadi kita tidak disarankan untuk terlalu tergantung dengan email bawaan dan aplikasi browser bawaan dari Smartphone Anda tersebut. Anda bisa mencoba menggunakan aplikasi-aplikasi alternatif yang menjaminkan Anda untuk menemukan aplikasi yang lebih baik. Misalnya aplikasi Mailbox, Mailbox merupakan aplikasi yang direkomendasikan dari email alternatif yang biasa digunakan pada Smartphone Android dan iOS. Yang memungkinkan bagi Anda untuk tidak melewatkan email-email yang masuk, jadi setiap email yang masuk akan ada pemberitahuan pada Smartphone Anda, jadi dengan seketika itu juga Anda bisa langsung membaca dan menjawab pesan/email yang masuk tersebut. Dan pengguna gmail juga disarankan untuk mencoba aplikasi gmail Smartphone jenis iOS, karena ini aplikasi yang lebih baik bila dibandingkan dengan aplikasi Mail yang bawaan dari iPhone.
Untuk browsing, aplikasi lainnya yang patut dicoba adalah dua aplikasi yang bernama Firefox dan Chrome, yang mana dua aplikasi tersebut berguna untuk melakukan akses internet ataupun untuk Anda bisa terhubung ke sosial media seperti Facebook.


  • Gunakan Wireless Hotspot Pada Smartphone Anda
Para pengguna Smartphone mungkin banyak yang memanfaatkan paket data atau memanfaatkan jaringan operator seluler untuk mengakses internet, hal ini ditujukan untuk pangguna laptop yang biasanya menggunakan modem untuk browsing dan mengakses internet, jadi dengan memanfaatkan Wireless Hotsopt yang terdapat pada Smartphone Anda bisa dimanfaatkan sebagai pengganti modem. Wireless Hotspot ini adalah saluran data nirkabel (Wi-Fi) yang bisa disambungkan ke laptop atau tablet sebagai penghubung untuk melakukan akses internet.
Adapun cara untuk menyambungkan Wireless Hotspot ke laptop atau teblet tersebut mungkin sebagian para pengguna Smartphone sudah banyak yang tahu caranya, tetapi bagi sahabat-sahabat sekalian yang belum pernah mencoba bisa dilihat cara-cara menyambungkannya dengan mencari informasi dari google.

  • Menggunakan Fungsi Shortcut
Shortcut ini adalah jalan pintas yang dibuat yang bertujuan untuk membuka aplikasi-aplikasi tertentu secara cepat, jadi dengan misalnya kita akan membuka aplikasi Chrome kita cukup menekan tombol yang telah ditentukan yang terdapat pada Smartphone kita, jadi hal ini tentu kita tidak perlu repot-repot mencari suatu aplikasi yang banyak terdapat pada Smartphone tersebut. Dan pada beberapa Smartphone terdapat pula cara-cara yang berbeda untuk menggunakan shortcut tersebut. Seperti pada iPhone, pada iPhone tersebut hanya dengan menggeser dari tepi bawah ke atas untuk tujuan membuka pengaturan cepat, atau untuk membuka daftar recent apps, bisa dilakukan dengan menekan tombol home dua kali.

Akan tetapi pada Smartphone jenis Android, jika kita akan melihat beberapa notifikasi, kita hanya mengusap layar dari ujung layar paling atas, lalu usap saja ke bawah, maka kita akan melihat beberapa daftar notifikasi yang ada pada layar Smartphone tersebut, seperti misalnya ada BBM yang masuk, SMS, Email, dan banyak lagi notifikasi-notifikasi lainnya yang bisa kita lihat secara cepat. Akan tetapi karena tata letak tombol untuk setiap Smartphone ini berbeda-beda, fungsi shortcut tersebut agak terasa rumit. Jadi masing-masing pengguna Smartphone sendiri tentu sudah mengetahui dari tata kelola pada Smartphonenya masing-masing.

Demikianlah tadi artikel dari Saya mengenai Hal Penting yang Wajib Diketahui Pengguna Smartphone yang bisa Saya bagikan. Banyak sedikitnya semoga memberikan manfaat bagi sahabat-sahabat yang mempunyai Smartphone.
Terimakasih atas ketersediannya untuk membaca beberapa penjelasan dan keterangan di atas.

4 komentar

thanks gan artikel nya sangat bermanfaat

niche post gan,,, makasih,, rofiqmedia.blogspot.com

sama2 gan
terimakasih kembali atas kunjungannya.

tengkiyu gan..
Oke, lanjut ke TKP blog ente :)

Silahkan berkomentar dengan baik dan dengan bahasa yang mudah dimengerti serta mematuhi tata krama dalam berkalimat. Bagi teman-teman yang berkomenar dengan menyertakan link aktif, mohon maaf, komentarnya akan dihapus.
Demikianlah untuk dimaklumi. :)
EmoticonEmoticon